oleh

Muna Pusatkan Perhelatan Gala Desa di Kecamatan Lohia

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara akan kembali menggelar Gala Desa 2019 yang akan dipusatkan di Kecamatan Lohia, awal September 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Pembudayaan Olahraga Dispora Muna Much Kamsil Syahrani mengatakan, sejak dicetuskan 2017 lalu, Muna sudah dua tahun berturut-turut dipercaya melaksanakan gala desa, yakni di Kecamatan Watopute 2017 dan tahun berikutnya digelar di Kecamatan Kontunaga.

“Alhmadulillah tahun 2019 ini Kabupaten Muna, masih terus mendapatkan kepercayaan dari pihak Kemenpora RI yang mana kegiatan gala desa ini adalah kegiatan nasional yang kick offnya nanti diselenggarakan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat,” kata Kamsil, Selasa 6 Agustus 2019.

Baca Juga:  Pemda Muna Tegas, Penertiban Baleho Rajiun di Muna "Harga Mati"

Kamsil mengungkapkan, di moment kick off di Kuningan nanti, 25 Kabupaten/kota akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pelaksanaan gala desa 2019.

Menariknya kata dia, Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah akan mengarak 25 bendera kabupaten/ kota diacara pembukaan yang rencananya dibuka langsung oleh Menpora RI, Imam Nahrowi, Sabtu 24 Agustus 2019 mendatang.

“Bendera Kabupaten Muna jadi salah satu bendera yang diarak dan dikibarkan di Kuningan. Ini merupakan salah satu kebanggan kita masyarakat kabupaten Muna,” tuturnya.

Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, hanya dua kabupaten yang menyelenggarakan program nasional ini, yakni Muna dan Kabupaten Buton.

Baca Juga:  Kuota CPNS Muna 236, Formasi Guru Sebanyak 181

“Smoga kerjasama Kabupaten Muna dengan Kemenpora ini terus berlanjut. Dan gala desa di Kecamatan Lohia ini kita berharap lebih meriah dan bisa mendapatkan bibit bibit atlet yang potensial di desa,” terangnya.

Terpisah, Camat Lohia Hajar Sosi mengaku pihaknya telah melakukan persiapan maksimal menyambut gala desa 2019.

“Pada pembukaan nanti akan kita selenggarakan semeriah mungkin. Kita pastikan pembukaan akan dihadiri kurang lebih tiga ribu orang. Dan untuk peserta gala desa akan lebih banyak dari sebelumnya,” pungkas Hajar.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED