oleh

NasDem Wakatobi Jaring Bacakada Tanpa Mahar Politik

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem, Kabupaten Wakatobi, Minggu 29 September 2019 mulai menjaring bakal calon (balon) kepala daerah (kada) untuk mengikuti Pilkada serentak 2020 mendatang.

Dimana penjaringan dibuka sejak 23 September 2019 hingga 23 Oktober 2019 mendatang.

Ketua DPD Partai Nasdem Wakatobi, Abdul Rahim mengatakan penjaringan Bacakada Kabupaten Wakatobi yang dilakukan Nasdem tanpa mahar dan kontribusi.

Ini dilakukan NasDem, kata Rahim, bukan karena kemapanan akan tetapi, sudah menjadi tradisi Nasdem yang dianggap berhasil membesarkan partai besutan Surya Paloh itu. Sekaligus memberikan pelajaran politik kepada masyarakat.

“Sebagai syarat agar di rekomendasikan NasDem, bacakada harus memiliki popularitas, elektabilitas yang tinggi, dan finansial yang mumpuni untuk memenangkan pesta demokrasi 2020 mendatang,” unkap Rahim dalam keterangan persnya di depan sejumlah awak media, di kantor DPD Nasdem Wakatobi, Sabtu 28 September 2019.

Setelah melakukan penjaringan, sambung dia, bacakada yang mendaftar di NasDem akan di survei oleh lembaga survei terakreditasi dan independensi. Salah satunya, Indo Barometer, Charta Politika, dan JSI.

“Dalam penjaringan ini, bacakada bisa mendaftar langsung dengan pasangan maupun tunggal,” ujarnya.

Setelah penutupan penjaringan bacakada, lanjut Rahim, DPD akan membawa berkas pendaftaran bacakada ke tingkat DPW dan DPP untuk proses selanjutnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

NEWS FEED