oleh

Pantai Ini Digemari Tapi Sayang, Sampah Berserakan dan Jalan Masuk Memprihatinkan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pantai Teronipa Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi tempat wisata yang digemari banyak pengunjung. Pantai ini letaknya diujung timur teluk Kota Kendari. Namun sayang, pantai ini kurang mendapat perhatian. Hal ini tampak dari banyaknya sampah berserakan. Selain itu akses pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan pantai juga tampak rusak parah.

Ketua DPD ASITA Konkep, Muhammad Ali menaksir pengunjung yang menggunakan mobil memasuki gerbang pantai sekitar 200 unit per hari. Kalau hari libur, bisa mencapai 400 unit per hari.

Baca Juga:  ASITA akan Kelola Water Sport Jadi Wisata Kendari

“Jika per mobil bayar retribusi Rp30 ribu ditambah kendaraan roda dua dan karcis masuk per orang Rp10 ribu, maka ini menjadi sumber pendapatan daerah yang cukup menjanjikan,” ungkap Muhammad Ali, Kamis 10 Mei 2018.

Seharusnya kata Ali, Pemda setempat harus fokus membenahi fasilitas wisata pantai ini, untuk memberikan rasa nyaman bagi tiap pengunjung. Namun ia menyayangkan, sejumlah fasilitas yang tidak terawat.

Baca Juga:  Aktivis Lingkar Tambang Morosi Dukung Rencana Bupati Usir TKA di VDNI

“Gazebo dan MCK butuh maintenance karena pengunjung bayar sewa. Pantainya juga tidak dirawat, masih banyak sampah berserakan,” ucapnya.

Namun begitu ia tetap berharap destinasi wisata ini dapat menjadi prioritas pembenahan utamanya akses masuk. Pemda juga harus mendorong adana atraksi dan amenitas demi menjamin dan meningkatkan jumlah pengunjung.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kasmilahi

Komentar

NEWS FEED