oleh

Parajurit Kodim 1416 Muna Diberi Pelatihan Binsiapwil dan Puanter

-Pena Daerah-460 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Kodim 1416/Muna melakukan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiapwil dan Paunter) Senin, 27 Juli 2020.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kodim 1416/Muna, Jalan Gatot subroto, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Bataliworu, Kabupaten Muna, dan dibuka langsung oleh Dandim 1416/Muna Letkol INF Febi Triandoko.

Dandim 1416/Muna mengatakan, kegiatan tersebut dilaksankan dengan tujuan agar seluruh aparat Kowil menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas binter tingkat perorangan maupun satuan serta pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja ditengah wabah pandemi Covid-19.

“Sasaran penyelengaraan Binsiap Apwil dan Puater ini diharapkan agar lebih optimal, efektif dan efisien, dalam penyelengaraan dan acuan pelaksanaannya serta dapat meningkatkan kemampuan Prajurit dalam melaksanakan, menjabarkan, mensosialisasikan Binter ke Wilayah, sehingga terwujud Prajurit yang memiliki Mental, Disiplin, Semangat yang tangguh dan Profesional serta dapat berintergrasi dengan komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahan di jajaran Kodim 1416/Muna”, ujar Letkol INF Febi Triandoko.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalam pengabdian kepada bangsa dan negara melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Ia juga meminta para peserta dapat mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik, sehingga dari kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut secara perorangan maupun satuan tiap prajurit mampu menjabarkan dan mengaplikasikan dalam kegiatan nyata Binter melalui metode binter bintahwil, bakti TNI, komsos sehingga dapat menyatu dan melebur memenangkan hati Masyarakat.

“Terkhusus untuk para Babinsa tingkatkan lagi kemampuan binter terutama lima kemampuan teritorial guna menunjang pelaksanaan tugas di wilayah yang saat ini kita sedang dihadapi dengan pandemic Covid-19, pendekatan kepada masyarakat terus kita laksanakan dengan memberikan himbauan himbauan guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran covid-19”, pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut di hadiri oleh seluruh Danramil dan babinsa jajaran Kodim 1416/muna.

Di sela-sela kegiatan tersebut tersebut, Dandim1416/muna memberikan penghargaan kepada babinsa jajaran yang berprestasi dalam pelaksanaan tugas yakni:

  1. Pelda Salim Ba Binsa Ramil 1416-07/Tampo.
  2. Sertu Haridin Buma Ba Binsa Ramil 1416-01/Katobu.
  3. Sertu La Ngkolona Ba Binsa Ramil 1416-06/Lawa.
  4. Kopda Sardin Hulu Ba Binsa Ramil 1416-03/Tongkuno.
  5. Kopda Ld Zulkifli Ba Binsa Ramil 1416-04/kabawo.(b)

Penulis: Sain

NEWS FEED