oleh

Partisipasi Pemilih di Wakatobi Dibawah Target Nasional

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Angka partisipasi pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 di Wakatobi tidak memenuhi target nasional.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi, Rizal mengatakan, angka partisipasi pemilih di Wakatobi hanya mencapai 73,20 persen dengan total pemilih yang menggunakan hak suaranya sebanyak 57.872.

Angka ini kata dia, tidak memenuhi target nasional yakni 77,5 persen.
Menurutnya, angka 73,20 persen itu dari total 79.054 DPT yang dirilis KPU Wakatobi.

Baca Juga:  Dianggap Tak Netral, Ketua KPUD Wakatobi Bakal di DKPP-kan

“Dari 57.872 DPT ini, yang menggunakan hak suaranya sebanyak 1.788,” kata Rizal di Kantor KPUD Wakatobi, Rabu 14 Agustus 2019.

Meski tak memenuhi target nasional, kata Rizal, angka partisipasi pemilu tetap mengalami peningkatan dibandingkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 lalu yang hanya mencapai 67,75 persen.

“Minimnya angka partisipasi pemilih di Wakatobi sebabkan banyaknya penduduk Wakatobi yang merantau saat perhelatan pemilu 2019,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, sosialisasi dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pemilu di Wakatobi itu sudah maksimal. Selain sosialisasi peran relawan demokrasi yang dibentuk merupakan keseriusan kerja KPUD dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat katanya.

Baca Juga:  Klaim Suara Terbanyak, Rusiawati Pastikan Diri Kembali Duduk di DPRD Kendari

Ia berharap, dalam pilkada serentak 2020 mendatang, angka partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi dapat meningkat lebih dari target nasional.

“Ini tentu kami akan bekerja lebih maksimal lagi dan tahapan yang dimulai September mendatang,” tutupnya.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED