oleh

Pastikan Pelatihan Berjalan Baik, Kepala BLK Kendari Sidak SejumlahWorkshop

-Pena Kendari-211 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Memastikan proses pelatihan berjalan dengan baik dalam menyiapkan angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing tinggi, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Dr La Ode Haji Polondu lakukan inspeksi mendadak di workshop-workshop pelatihan, Rabu, 19 Desember 2021.

Dalam sidak tersebut, Dr La Ode Haji Polondu juga melakukan audiens dengan instruktur dan siswa, memberikan motivasi, serta memberikan solusi dari setiap persoalan yang ada.

Adapun workshop yang dikunjungi dalam sidaknya yaitu Workshop TIK dengan Program Pelatihan Desain Grafis dan Computer Operator Assistant, Workshop Listrik dengan Program Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Workshop Audio Video Program Pelatihan Teknisi Hand Phone Perangkat Keras.

Workshop Otomotif Program Pelatihan Servis Sepeda Motor Injeksi, Workshop Garmen Apparel Program Pelatihan Menjahit Dasar, Workshop Bisnis Manajemen Program Pelatihan Administrasi Perkantoran, Workshop Tata Kecantikan Program Pelatihan Tata Rias Pengantin Hantaran, serta Workshop Bangunan Program Pelatihan Surveyor.

“Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan semua proses pelatihan yang diikuti siswa berjalan dengan baik sesuai prosedur dan sekaligus ingin mendengar langsung pendapat para siswa terkait pelatihannya,” kata Dr La Ode Haji Polondu.

Ia menjelaskan, dari hasil sidak yang dilakukan, dirinya dapat mengetahui segala persoalan yang dialami siswa selama proses pelatihan, termasuk kendala instruktur dalam menyalurkan segala pengetahuan yang dimiliki.

Dari sidak itu, mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menemukan beberapa kendala, diantaranya pada program pelatihan desain grafis lampu ruangan padam, kemudian pada program pelatihan computer operator assistant pendingin ruangan masih kurang.

“Saya sudah sampaikan kepada instruktur desain grafis agar lampunya diganti, nanti hubungi bagian Tata Usaha dan untuk Computer Operator Assistant, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan upayakan pemasangan AC,” jelasnya.

Orang nomor satu di BLK Kendari ini juga menambahkan, jika dalam sidak itu, dirinya juga memastikan kehadiran siswa di setiap program pelatihan dan tingkat kepuasan siswa terhadap proses pelatihan yang dijalani.

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, para siswa juga merasa puas dengan pelatihan mereka,” tambahnya.

Atas semua hal itu, lanjut dia, dirinya sangat berharap jika para peserta pelatihan dapat menjadi orang yang lebih baik dengan keterampilan yang dimiliki, karena pada dasarnya garis tangan seseorang tidak ada yang tahu akan menjadi apa dikemudian hari.

“Kami hanya mendoakan, selebihnya tergantung pada mereka, dan itu dimulai dari bagaimana mereka berproses saat ini. Bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan, bekerja keras, disiplin, dan menguasai empat kecerdasan mulai dari kecerdasan intelektual, kecerdasan spritual, kecerdasan sosial, serta kecerdasan emosional, Insya Allah akan mengantarkan mereka pada kesuksesan,” tutupnya.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait