oleh

Pelayanan Vaksin Bagi ASN Lingkup OPD Konut Dimulai, Sasaran Pertama 270 Orang

PENASULTRA COM, KONUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pelayanan Vaksin Covid 19 kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konut

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Konut Ruksamin, dihadiri oleh PJ Sekda Konut, Kapolres Konut, Kepala Basarnas, perwakilan Kodim 1417 Kendari dan diikuti oleh seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Konut, Rabu 7 April 2021.

Dalam sambutannya, Ruksamin mengatakan selaku pimpinan gugus tugas pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dilingkup Pemkab Konut dengan sasarannya adalah ASN Konut dimulai secara simbolis di Dinas Kesehatan posko Covid

“Hari ini kita lakukan secara simbolis dan secara serentak juga dilaksanakan disetiap puskesmas sesuai yang ditunjuk oleh Dinkes Konut untuk pelaksanaan, “kata Ruksamin.

Harapan saya untuk lingkup Pemkab Konut ASN nya kita fokuskan diposko Covid untuk Dinesnya dan untuk pejabat Publik disiapkan melalui puskesmasnya yang ditunjuk pasalnya yang bisa melakukan vaksinasi adalah tenaga yang terlatih.

“Saya bersyukur kemarin pada saat tahap pertama yang kemudian dilakukan evaluasi pada tingkat Provinsi dari pelaksanaan, Alhamdulillah kita bisa mencapai 107 persen dari target yang dicanangkan dan masuk sampai 5 besar se Provinsi Sultra, “bebernya.

Lebih lanjut Ruksamin mengungkapkan dari target ini untuk tahap kedua vaksinasi, segera mungkin dibuatkan aturannya melalui peraturan bupati (Perbup) dan kita klasifikasi dari sasaran itu kemudian kita bekerja siapkan waktunya kemudian koordinasikan dengan gugus tugas Provinsi terhadap penyelenggaraan vaksinasi.

“Saya minta pak Sekda pelaksanaan vaksinasi ini buatkan segera perbub untuk mendukung terkhusus ASN dan publik pelaksanaannya, “imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Konut, Nurjannah Effendi menyampaikan kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Dalam kegiatan vaksinasi membutuhkan dua kali porses penyuntikan dan membutuhkan sekitar 1 bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal dengan pemberian suntikan pertama memicu respon kekebalan dan suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk, “ungkap Nurjannah.

Tentunya pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya dengan peningkatan preventif dan promotif, melaksanakan penerapan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) serta evaluasi prokes yang dilakukan oleh semua instansi terkait dalam pemutusan percepatan penanganan Covid 19.

“Dasar pelaksanaan adalah instruksi Mendagri RI yang pelaksanaan vaksinasi Covid didaerah atau dilaksanakan secara serentak di Kabupaten/Kota Provinsi tanggal 14 dan 15 Januari 2021 dengan pemberian vaksin rentang umur 18, 59 dan diatas 60 tahun, dan jumlah sasaran yang dilakukan vaksinasi ASN lingkup OPD Pemkab Konut sebanyak 1035 orang dengan sasaran pertama sebanyak 270 orang beberpa perwakilan dari masing-masing OPD, “jelasnya.

Diketahui sejak adanya wabah Covid-19 perkembangan kasus Covid-19 di Konut, sampai dengan tahun 2021 sebanyak 231 kasus konfirmasi positif, dengan jumlah keseluruhan 221 dan jumlah kematian lima jiwa.

Penulis: Tim Redaksi

NEWS FEED