oleh

Pembangunan Tanggul Desa Pencado, PT DSM Kerja Asal Jadi

-Pena Daerah-474 views

PENASULTRA.COM, PULAU TALIABU – Proses pekerjaan tanggul Desa Pencado, Kabupaten Pulau Taliabu yang kerjakan PT Damai Sejahtera Membangun (PT.DSM) diduga kerja asal jadi.

Mengapa tidak, proyek dengan pagu anggaran sebesar Rp.4.577.744.300 (empat Milyar lima ratus tujuh puluh tujuh juta tiga tratus  Rupiah) itu dilakukan diluar standar kelayakan atau mengesampingkan Rencana Anggaran Biaya (RAB)  yang mana, pembangunan sudah dilakukan sebelum melalui  LPA serta diduga tidak mengikuti gambar.

Menurut salah satu warga, ulah pihak rekanan yang kerja asal-asalan tersebut sangat merugikan masyarakat, sebab kondisi yang sama akan terjadi seperti pembangunan tanggul di Desa Pencado.

“Kalau  pembangunan tanggul Desa Pencado dikerjakan asal-asalan seperti ini, baru saja dikerjakan sudah mengalami kerusakan akahirnya tidak dinikmati”, kesal Warga salah satu saat ditemui.

Lanjutnya, pembangunan tanggul di Desa Pencado, Kecamatan Taliabu Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara dengan nilai pagu sebesar Rp.4.891.121.000.00

Hasil pantauan media ini pada Sabtu, 20 Maret 2021 pembangunan tanggul di Desa Pencado yang sesuai kontraknya  akan diselesaikan pada bulan Januari tahun 2021 namun pada bulan Maret belum selesai juga akibat tidak adanya pencairan dari keuangan daerah.

Diketahui, Proyek pembangunan tanggul di Desa Pencado, menggunakan Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN) yang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan anggaran sebesar Rp.4.577.744.300 (empat miliar lima ratus tuju puluh tuju juta tuju ratus empat puluh empat ribu tiga ratus rupiah).

Ibrahim selaku kontraktor  waktu di konfirmasi media ini melalui telpon sekitar pukul 20.00 WIT mengatakan bahwa anggaran pembangunan tanggul Desa Pencado belum di cairkan sama sekeli.

“Pekerjaan tanggul di Desa Pencado Kecamatan Taliabu Selatan itu belum ada penccairan sama sekali sehingga kemarin kita jual semen, mudah mudahan bulan tiga ini sudah ada pencairan karena saya dijanjikan bulan tiga ini baru ada pencairan”, ujarnya.

Awak media ini telah mencoba beberapa kali menghubungi Kabag Keuangan Pulau Taliabu,  Irwan Mansur untuk menanyakan kendala pencairan anggaran pembangunan tanggul di desa Pencado yang di menangkan oleh PT. Damai Sejahtera Membangun itu.

Namun sampai saat ini Kabag keuangan tidak pernah memberikan jawaban baik di hubungi melalui via telepon, sms, ataupun whatsapp.

Penulis: Yasin

 

Komentar

NEWS FEED