oleh

Pemda Bombana Buka Pengaduan Online Rakyat

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Pengaduan Masyarakat Kabupaten Bombana kini bisa langsung disampaikan lewat aplikasi Sistem Pelayanan Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional (SP4N) yang disebut dengan layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor).

Aplikasi ini dipantau langsung oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) hingga Kantor Staf Kepresidenan RI.

Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemen PAN RB, Emida Suparti mengatakan penerapan sistem ini didasari Surat Edaran Menteri PAN RB nomor 4 tahun 2016. Bahwa seluruh pemerintah daerah diharapkan bisa terhubung dengan Aplikasi ini.

“Penerapan Aplikasi ini dapat terwujud asal ada komitmen bersama untuk mau membesarkan sistem ini serta bagimana pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat dapat ditindaklanjuti,” kata Emida Suparti saat menghadiri sosialisasi tahap awal SP4N di aula kantor Bupati Bombana, Senin 5 Agustus 2019.

Baca Juga:  478 Pendaftar Beasiswa di Bombana Terancam Gugur

Dalam kegiatan sosialisasi yang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah kecamatan, lurah dan Kades serta sejumlah tokoh Pemuda ini, Emida mengaku pihaknya dapat membantu serta memonitor apa saja yang menjadi keluhan masyarakat.

Menurutnya, Kementerian PAN RB melalui aplikasi ini akan membantu pimpinan daerah dalam rangka tindak lanjut aspirasi masyarakat.

“Saat ini adalah era open data yang tidak bisa dicegah. Sehingga masyarakat bisa menyampaikan semua aspirasinya tentu dengan prosedur yang ada,” pungkasnya.

Baca Juga:  dr. Sunandar: Katakrospik Dapat Dicegah dengan Budayakan Hidup Sehat

Senada, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalvarios mengatakan bahwa aplikasi Lapor ini adalah sebuah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, yakni bisa melaporkan masalah lewat website resmi, www.lapor.go.id dan lewat SMS ke 1708.

“Jadi Lewat aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik,” tukasnya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: Kas

NEWS FEED