oleh

Pemda Bombana Tingkatkan Usaha Rakyat Mandiri Melalui Pariwisata

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Sektor pariwisata Kabupaten Bombana menjadi sektor strategis untuk mendorong pertumbuhan sektor lain.

Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Bombana Siti Janaria mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus mengembangkan sejumlah destinasi wisata. Seperti destinasi wisata bahari Pulau Kondo di Desa Ranokomea Kecamatan Poleang Barat. Selain pulau kondo, ada juga Danau Laponu konu, dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) untuk agrowisata.

“Pengembangan destinasi pariwisata ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,” kata Janaria, 6 September 2018.

Baca Juga:  Tim Kemenkes Periksa Kelayakan RSUD Bombana

Menurut Janaria, pihaknya telah membentuk sejumlah kelompok usaha mandiri seperti kelompok sadar wisata kuliner, kerajinan, fasilitas renang, pengelola air bersih, penyedia fasilitas wisata.

“Ini diharapkan menjadi usaha masyarakat untuk meningjatkan ekonominya,” ucap Janariah.

Konsepya lanjut Janariah, adalah Destinasi Wisata Mandiri sebagai wahana berlibur bersama keluarga dengan daya tarik tersendiri.

Konsep ini kata dia, sudah dilaunching oleh Bupati Bombana di pulau Kondo belum lama ini, sebagai perhatian serius Pemda dalam mendorong kemandirian ekonomi melalui pariwisata untuk mengentaskan kemiskinan (Gembira Taskin).

Baca Juga:  Petugas Bea Cukai Diduga Terlibat Penjualan Besi Baja Smalter PT SSU

Ia mengungkapkan bahwa masyarakat setempat termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat mendukung program Deswita mandiri ini.

“Saya sangat harap desatinasi wisata itu bisa menjadi destinasi percontohan secara keseluruhan di Bombana,” tutupnya.(b)

Penulis: Zulkarnain
Ediror: Yen

Komentar

NEWS FEED