oleh

Pemprov Sultra Target 825.562 Anak Disuntik Imunisasi MR

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencanangkan kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) tingkat provinsi di SMP Negeri 15 Kendari, Senin 3 September 2018.

Pemprov melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra menargetkan sebanyak 825.562 anak berusia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun akan diimunisasi MR.

“Dari target itu mininal 95 persen tuntas. Untuk Kota Kendari sendiri, ditargetkan 102.993 anak diimunisasi MR,” kata Kepala Dinkes Sultra, Suhudin Kasim.

Menurutnya, penyakit campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Yang menjadi perhatian khusus terhadap penyakit tersebut adalah kemungkinan terjadinya komplikasi serius hingga mengakibatkan kematian.

Baca Juga:  Sulkarnain Lantik Indra Muhammad Sebagai Pj Sekda Kendari

Sedangkan Rubella, tambahnya, penyakit ringan. Akan tetapi menjadi sangat berbahaya bila menulari ibu hamil terutama pada awal kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi.

“Tidak ada pengobatan khusus untuk campak dan rubella, namun ini bisa dicegah dengan imunisasi MR,” jelasnya.

Senada, Penjabat (Pj) Sekda Sultra, Hj Isma mengatakan, walaupun kampanye ini baru pertamakali dicanangkan tapi sudah berjalan.

“Kami harapkan September 2018 ini sudah tuntas. Apalagi terkait isu agama. Tapi di Sultra saya rasa tidak begitu terpengaruh. Imunisasi MR ini penting agar anak-anak terhindar dari campak dan rubella. Apalagi virus ini sangat mamatikan,” ujarnya.

Baca Juga:  Sagu Bisa Jadi Pangan Alternatif Saat Perubahan Iklim

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir yang turut hadir dan sekaligus meresmikan kampanye imunisasi MR ini mengajak semua pihak untuk ikut menyukseskan program tersebut.

“Karena ini akan menjamin kesehatan masyarakat. Jadi semua masyarakat dan semua pihak kita harapkan dapat menyukseskan kampanye ini,” tutupnya.

Untuk diketahui dalam kampanye tersebut turut hadir Ketua MUI Sultra, Mursyidin.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED