oleh

Pendidikan Sejarah UHO Gelar Pameran Kuliner Berbasis Kearifan Lokal

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Peringati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ternyata dimanfaatkan juga Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO.

Pasalnya, ditengah perayaan HPS, rupanya Jurusan Pendidikan Sejarah menggelar pameran dan bazar kuliner berbasis kearifan lokal yang dipusatkan di pelataran Jurusan Pendidikan Sejarah pada, 2 November 2019. Kegiatan tersebut diikuti dosen bersama mahasiswa Pendidikan Sejarah. Kegiatan itu juga sebagai salah satu bentuk pengembagan dan praktek mata kuliah Kajian Budaya dan Kearifan Lokal.

Baca Juga:  GP Ansor Sultra Gelar PKL ke II

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji budaya dalam bentuk produk makanan tradisional kemudian mereka praktekan secara berkelompok. Harapannya mahasiswa tidak sekedar membangun konsepsi dan wacana saja akan tetapi mereka benar-benar terapkan dalam bentuk skill atau keterampilan melalui ekspolrasi langsung ragam makanan lokal Sultra,” kata
Dosen Pendamping Prof. Anwar, Sabtu 2 November 2019.

Kegiatan ini juga, tambah Prof. Anwar, untuk menunjukkan komitmen Pendidikan Sejarah yang terus melestarikan nilai dan kearifan lokal khususnya makan lokal. Apalagi bertepatan dengan HPS ke 39.

Baca Juga:  GP Ansor Sultra Gagas Pemuda Pelopor Toleransi dan Kerukunan

“Saya berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan dan mendapatkan apresasi dari berbagai pihak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Pendais Haq mengatakan, kegiatan pameran dan bazar kearifan lokal sangat penting bagi seluruh mahasiswa. Apalagi bertepatan dengan HPS ke 39 yang dipusatkan di Sultra.

“Kegiatan itu sangat penting bagi mahasiswa. Karena akan memperkenalkan kearifan lokal budaya masing-masing daerah di Sultra,” pungkas Pendais. (b)

Penulis: Bas

NEWS FEED