oleh

HPS Ke-39, Konut Tampilkan Komoditas Khas Hasil Bumi Oheo

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Kabupaten Konawe Utara (Konut) ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang diadakan di Kota Kendari dan Konawes Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam pameran komoditas pangan peringatan HPS yang dipusatkan di pelataran Tugu Religi Eks MTQ Kendari, Konut menampilkan komoditas pangan khas hasil bumi didaerah Oheo tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan melalui Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Penganekargaman Pangan Konut, Ahmad Sukanto mengatakan, ada enam organisasi perangkat daerah (OPD) yang ikut memamerkan hasil bumi Konut.

Mereka adalah Dinas Perkebunan Dan Hortikultura Konut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perikanan.
“Disbun horti memamerkan buah segar dan hasil bumi. Disperindag bahan pangan olahan yang berasal dari sagu. Sementara Dinas Koperasi memamerkan kerajinan tangan,”kata Ahmad, Sabtu 2 Oktober 2019.

“Lalu Dinas Pertanian menampilkan jagung dan Dinas Ketahanan Pangan memamerkan bahan pangan segar berupa buah-buahan dan sayur-sayuran. Sementara Dinas perikanan yang ditampilkan adalah hasil olahan ikan diantaranya stik teri, kripik ikan, abon ikan dan sambal goreng ikan lure,” tambahnya.

Menurutnya, pihaknya menampilkan hasil bumi ini dengan tujuan untuk meningkatkan pangan yang ada di Kabupaten Konut. Sesuai dengan tema HPS kali ini yakni teknologi industri pertanian dan pangan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045.

“Harapan kami dengan kegiatan ini, agar Konut nantinya bisa menghasilkan swasembada pangan,” tutupnya.

Baca Juga:  Saat HPS ke 39 Nanti, Telkomsel Kendari Akan Pasang 4 Combat
Baca Juga:  Sambut Wisatawan di HPS, Kota Kendari Siapkan SIKATO

NEWS FEED