oleh

Pengukuhan RKM Sultra Diharapkan Jadi Ajang Kebangkitan Suku Moronene

-Pena Kendari-379 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, telah mengukuhkan Pengurus Rukun Keluarga Moronene (RKM) Sultra masa Bakti 2021-2024 di Hotel Plazza Inn Kendari, Sabtu, 12 Juni 2021.

Pengukuhan RKM tersebut diharapkan dapat menjadi ajang kebangkitan suku Moronene. Hal ini dikatakan oleh salah satu pengurus RKM Sultra yang juga Anggota Komisi II DPRD Sultra, Asrin.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengungkapkan bahwa Moronene merupakan suku tertua yang ada di Sultra. Hal itu diakui oleh pelaku sejarah dan para akademisi.

“Kita berharap RKM semakin besar dan semakin bersatu untuk bisa menata peluang-peluang di masa yang akan datang”, ujar Asrin saat diwawancarai usai pengukuhan RKM Sultra.

Selain itu, keberadaan suku Moronene diharapkan mampu bekerjasama dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sultra dan Kabupaten Bombana serta seluruh elemen di Sultra khususnya dalam perjuangan untuk pemekaran Kepulauan Kabaena.

“RKM merupakan salah satu wadah untuk memperjuangkan aspirasi pemekaran Kepulauan Kabaena. Karena RKM ini tidak terpisahkan dari Moronene Daratan dan Moronene Kepulauan”, ujarnya.

Lanjut Asrin, saat ini semua persyaratan dan administrasi pemekaran Kepulauan Kabaena sudah terpenuhi. Olehnya itu, sebagai putra daerah Kabupaten Bombana khususnya di Kepulauan Kabaena, ia sangat mengapresiasi dan mendukung semua upaya ketua tim pemekaran Kabupaten Kabaena.

Penulis: Husain

 

Komentar

NEWS FEED