oleh

Penilaian FKPT Kemenkes RI, Puskesmas Kabaena Tidak Lulus Akreditasi?

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Lembaga Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan sebanyak lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) lulus akreditasi.

Puskesmas yang dinyatakan lulus akreditasi Dasar diantaranya Puskesmas Poleang Utara, Puskesmas Poleang Barat, Puskesmas Poleang timur, dan Puskesmas Kabaena Timur. Sedangkan Puskesmas Kabaena Barat dinyatakan lulus dengan akreditasi Madia.

Sementara itu, Puskesmas Kabaena menjadi satu-satunya yang belum ada nama dari keenam yang lulus akeditasi dari FKPT Kemenkes RI. Padahal, Puskesmas ini adalah salah satu dari enam Puskesmas diusulkan Pemda Bombana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Dr Sunandar membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, jumlah Puskesmas yang diusulkan pada 2018 totalnya enam puskesmas. Namun tim FKPT Kemenkes baru mengumumkan lima Puskesmas yang dinyatakan lulus.

“Semntara Puskesmas Kecamatan Kabaena belum karena hasil dari penilaian surveyor lalu terlambat masuk di Kementrian Kesehahatan. Yang pasti, dalam waktu dekat hasilnya juga menyusul,” kata Sunandar.

Dikonfirmasi hal itu, Kepala Puskesmas Kabaena, Jum’ani mengatakan, pihaknya bukan tidak lulus tapi karena tim surveyor terlambat menyetorkan data ke Kemenkes, sehingga pengumuman untuk Puskesmas Kabaena belum keluar.

“Mungkin satu dua hari ini sudah ada infonya. Yang pasti, kami sangat yakin akreditasi di atasnya Kabaena Timur. Karena, masa kecamatan lain lulus kami yang pelayanannya bagus, tidak,” kata Jam’ani dengan percaya diri lewat telepon selulernya, Minggu 3 Januari 2019.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED