oleh

Penumpang Feri Rute Kendari-Langara Melonjak, Ini Penyebabnya

PENASULTRA.COM, KENDARI – Terjadi lonjakan penumpang di KM Bahteramas rute Kota Kendari menuju Langara, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Rabu 8 Januari 2020.

Pantauan media ini, sekitar ratusan penumpang terlihat berdesak-desakan, baik di pelabuhan maupun di dalam kapal. Kondisi ini telah berlangsung sejak beberapa hari terakhir.

Lonjakan penumpang yang terjadi dikarenakan adanya proses pengambilan nomor tes ujian bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus berkas di Konkep.

“Informasinya tanggal 11 Januari 2020 batas pengambilan nomor tes. Sementara kapal feri ini akan dok mulai besok. Itu sebabnya terjadinya lonjakan penumpang,” kata Asri, Kasi Operasional Kantor Pelabuhan Penyebrangan Kendari-Langara Dishub Sultra saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu 8 Januari 2020.

Baca Juga:  Miris! Hanya 20 Orang yang Lulus SKD CPNSD Konkep, Ini Nama-namanya

Asri mengungkapkan, selama tahapan pengambilan nomor tes CPNS di Konkep, ratusan tiket penumpang dan puluhan tiket roda dua dan empat banyak terjual.

“Sekitar 400 lebih penumpang dan 85 roda dua, serta lima unit roda empat dan lima unit roda lima,” sebutnya.

Kondisi kepadatan penumpang di KM Bahtramas rute Kendari-Langara. Foto: Nanang Sofyan.

Melihat kondisi penumpang yang sudah melebihi kapasitas, kata Asri, pihaknya telah membatasi penjualan tiket untuk hari ini. Hal ini dilakukannya untuk menjaga keamanan selama berlayar.

“Tiket tidak habis. Cuman kita batasi penjualannya karna kapal sudah padat skali penumpangnya,” uajarnya.

Baca Juga:  CPNS Konkep Minim yang Lulus, Pemda akan Usulkan Perengkingan

Ia menambahkan, lonjakan penumpang diperkirakan akan berlangsung hingga dua hari ke depan. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk menunda jadwal dokking tahunan Feri Bahteramas ini.

“Alternatifnya besok saat dok kapal adalah menyiapkan kapal rakyat sebanyak dua unit. Untuk jadwalnya selama pengambilan nomor tes CPNS di Langara kita kondisikan, kalau penumpang sudah penuh kita berangkatkan,” tutur Asri.

“Untuk itu masyarakat ataupun calon penumpang diharapkan pengertian dan kerja samanya. Karena ini demi keamanan penumpang,” imbaunya.

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Faisal

Komentar

NEWS FEED