oleh

Perayaan HUT RI di Sultra Diselimuti Duka, KM Izhar Rute Kendari-Salabangka Terbakar

PENASULTRA.COM, KENDARI – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun 2019 di Sulawesi Tenggara diselimuti duka.

Kapal penumpang, KM Izhar yang berangkat dari pelabuhan Kendari menuju Salabangka Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terbakar di Perairan Bokori, Kabupaten Konawe, Jumat 16 Agustus 2019 sekitar pukul 23.30 Wita.

Pantauan awak media ini, peristiwa kebakaran kapal itu membuat para penumpang panik hingga beramai-ramai melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Menyaksikan kejadian itu, warga Soropia beramai-ramai mengangkut para penumpang untuk dibawa ke daratan. Namun sangat disayangkan, masih ada beberapa korban meninggal sebelum sempat diselamatkan. Penyebabnya diduga karena melompat ke laut.

Baca Juga:  Menakar Kewenangan Daerah Dan Pusat, Illegal Mining Di Sultra Tanggung Jawab Siapa?

Dikonfirmasi kejadian itu, Kepala Kesyhbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari, Benyamin Ginting mengatakan, pihaknya bersama Basarnas Kendari telah mengirimkan bantuan dengan mengevakuasi seluruh penumpang kapal dalam insiden tersebut.

“Sejak semalam kita sudah kirimkan bantuan, kita sudah evakuasi seluruh penumpang. Namun sayangnya ada meninggal dunia, lainnya selamat dan masih ada yang sementara belum ditemukan,” ungkap Benyamin saat ditemui setelah upacara perayaan HUT RI di kantor KSOP Kendari, Sabtu 17 Agustus 2019.

Baca Juga:  Anak Yatim dan Janda di Sekitar KSOP Kendari Diberi Santunan

Dari data yang dihimpun KSOP Kendari, penumpang KM Izhar berjumlah 72 orang. Akibat insiden itu, sebanyak tujuh penumpang meninggal dunia dan 61 orang dinyatakan selamat. Sementara itu masih ada empat penumpang yang belum ditemukan.

Benyamin mengungkapkan, kebakaran kapal diduga diakibatkan oleh percikan api di mesin kapal yang mengenai badan kapal. Sehingga kapal terbakar dengan cepat.

“Sumber apinya itu dari mesin, ada percikan terkena selang dan merembes ke dinding kapal yang sudah terkena solar, akibatnya kapal langsung terbakar,” tutur Benyamin.(a)

Penulis: Muh. Irfan/Burhanuddin
Editor: Faisal

NEWS FEED