oleh

Peringati HUT Bhayangkara, Polres dan Pemkab Konut Gelar Vaksinasi Massal

PENASULTRA.COM, KONUT – Kepolisian Resort (Polres) Konawe Utara (Konut) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Konut melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemerintah desa dan Kecamatan menggelar vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 di aula Konasara Pemda Konut, Sabtu 26 Juni 2021.

Kegiatan ini berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat dan Kapolri tekait vaksinasi massal gratis dan mensukseskan program satu hari sejuta vaksin untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 atau Corona.

Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul, mengatakan vaksinasi kali ini diberikan untuk mempercepat penanganan serta menghambat laju penyebaran Covid-19 khususnya di Bumi Oheo ini.

“Dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dalam hal mempercepat terbentuknya health imunity (kekebalan kesehatan) di masyarakat. Diharapkan dengan vaksin mampu menekan penyebaran Covid 19,” kata Achmad.

Tidak hanya kegiatan vaksinasi, Bupati dan Kapolres melakukan kunjungan ke beberapa Puskesmas seperti Puskesmas Asera dan Landawe untuk melakukan sidak pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan secara serentak. Hal itu di lakukan untuk memastikan vaksinasi massal ini berjalan secara kondusif di 13 kecamatan se Kabupaten Konawe Utara.

Agenda ini sebagai rangkaian acara bulan bakti menyambut HUT Bhayangkara ke 75 yang lebih diarahkan pada kegiatan sosial yang bersifat positif serta mendisiplinkan sosial distancing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut orang nomor satu di Polres Konut itu, vaksin tidak bisa menjadi patokan seseorang terjaga kesehatannya. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan social distancing atau selalu menjaga jarak.

“Harapan kami dengan diadakannya vaksin ini, masyarakat lebih sadar akan protokol kesehatan,” pungkas Achmad.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 tersebut diikuti oleh sejumlah purnawirawan Polri, ibu-ibu Bhayangkari, Porkopimda Konut, dan sebagian masyarakat umum.

Ada 3 tim yang membantu terlaksananya vaksinasi massal tersebut, yaitu tim urusan Kesehatan Polres Konawe Utara, tim Dinas Kesehatan dan tim Puskesmas dengan jumlah vaksin di siapkan sebanyak 1.350 dosis.

“1.350 dosis yang kita siapkan nantinya akan di bagi oleh 22 puskesmas yang banyaknya 450 peserta vaksin untuk tiga Puskesmas dan 19 Puskesmas di siapkan masing-masing 90 dosis, Sedangkan untuk kegiatan vaksinasi ini kita menyiapkan 20 titik  termaksud di aula Pemda Konasara,” Paparnya.

Guna mempermudah pendataan, peserta vaksin wajib menunjukkan data diri berupa KTP dan nomor seluler yang bisa dihubungi. Selain itu, penerima vaksin juga harus dalam kondisi prima. Hal tersebut menjadi salah satu syarat untuk bisa mendapatkan vaksin.

“Nanti kondisi fisiknya ditanyai di dalam, dia memenuhi persyaratan atau tidak. Seperti cek tensi darah lalu tentang komorbid, “cetusnya.

Untuk diketahui, vaksinasi masal itu diikuti masyarakat dari 13 kecamatan dan 115 desa dan rencana kegiatan vaksinasi itu akan berjalan sampai tanggal 30 Juni mendatang.

Penulis: Tim Redaksi

 

Komentar

NEWS FEED