oleh

Polri, KPK, Mentri ESDM dan LHK Akan Bertandang Ke Konut, Ada Apa?

-Pena Daerah-2.117 views

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Mentri ESDM,  Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) beserta Mabes Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan akan menyambagi Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis 19 Desember 2019 mendatang.

Agenda tersebut diketahui melalui surat yang dikeluarkan Pemda Konut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) nomor 005/4425 tertanggal 10 Desember 2019 perihal undangan menghadiri Sosialisasi Pengelolaan dan Penegakan Hukum Lingkungan.

Dikonfirmasi media ini, Kepala DLH Konut, Aidin membenarkan. Ia mengatakan, surat yang bersifat undangan resmi itu telah antarkan langsung oleh Bupati Konut Ruksamin ke masing-masing institusi ke Jakarta.

“Iya benar. Kami mengundang secara resmi pihak Kementerian LHK RI dalam hal ini Dirjen Pengamanan dan Penegakan Hukum, juga Bareskrim Mabes Polri bagian Kasubdit V/SDA Direktorat Tindak Pidana Tertentu, terus ada juga KPK Bidang Pencegahan, dan Kementerian ESDM dalam hal ini Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara sebagai pemaparan dan narasumbernya,” ungkap Aidin, Senin 16 Desember 2019.

Ia menjelaskan, selain mengundang sejumlah institusi negara untuk menghadiri kegiatan sosialisasi, undangan juga dimaksudkan untuk membahas permasalahan aktifitas pertambangan dan pengelolaan dana desa di Konut.

“Jadi dalam acara itu kami juga mengundang secara resmi seluruh pihak perusahaan, baik itu tambang nikel, tambang golongan C, dan perekubunan sawit. Kami undang lansung Kepala Teknik Tambang dan Healt Safety and Enviroment (HSE),” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas DLH Konut, Aru Lolawa menambahkan, agenda itu juga bakal dihadiri sejumlah pejabat tinggi daerah. Yakni Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Depeddas, Dinas ESDM, Beacuakai, jajaran OPD Konut, serta Pemerintah Desa se Kabupaten Konut.

“Undangan lainnya saya sudah antar langsung. Dalam acara yang digelar nantinya juga akan diisi dengan sesi tanya jawab kepada para pemateri. Untuk agenda-agenda lainnya tinggal kita kondisikan waktu,” tutupnya.

Penulis: Iwan
Editor: Faisal

NEWS FEED