oleh

PT TMS Diduga Mengancam Kelangsungan Sumber Air Bersih Dua Desa di Kabaena

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Sumber air bersih Desa Bungi bungi dan Desa Balo Kecamatan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana, terancam kering. Diduga, aktifitas PT Tonia Mitra Sejahtera (TMS) di Kabaena akan memberikan pengaruh buruk terhadap kelangsungan mata air pada dua desa ini.

Anwar Sani, warga Kabaena Timur mengungkapkan bahwa wilayah konsesi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT TMS masuk pada kawasan gunung sabanano. Gunung ini kata Anwar, merupakan kawasan sumber mata air yang menghidupi kedua desa itu.

Baca Juga:  Pemda Bombana Patok 500 Mahasiswa Penerima Beasiswa

“Lokasi PT Tonia yang melintasi gunung sabanano secara otomatis itu mengancam kami masyarakat, untuk tidak memperoleh air bersih. Karena kami selalu ambil air wilayah ini,” ungkap Anwar, Kamis 27 Desember 2018.

Sebelumnya kata Anwar Sani, pihak perusahaan sudah melakukan sosialaisi diwilayah dua desa ini. Namun, pihaknya kata dia tidak dilibatkan dalam sosialisasi tersebut.

Baca Juga:  Polsek Kabaena Bersama Warga Batuawu Perbaiki Jalan Penghubung

“Sebagaian besar warga desa Bungi bungi dan Desa Balo, mendesak penghentian aktifitas PT TMS karena aktifitas perusahaan ini mengancam sumber air bersih masyarakat,” tegas Anwar Sani.

Terkait masalah ini jurnalis penasultra.com sudah mencoba menghibungi Humas PT TMS. Namun pihak perusahaan belum memberikan konfirmasi.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: Kas

NEWS FEED