oleh

Puncak Amarilis, Objek Wisata Kendari yang Digandrungi Para Petualang

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Bicara soal destinasi wisata yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) seperti tak ada habisnya. Mulai wisata bahari sampai kuliner. Lengkap. So pasti, penikmatnya juga datang dari berbagai kalangan.

Puncak Amarilis misalnya. Objek wisata yang satu ini lokasinya cukup dekat dan mudah diakses karena berada di tengah pusat Kota Kendari. Jalur pendakian dapat dimulai di Lorong Amarilis, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat.

Cukup banyak wisatawan yang berkunjung di tempat ini, baik yang berasal dari Kendari maupun dari daerah lain khususnya para kawula muda yang suka mendaki gunung dan memiliki jiwa petualangan.

Untuk sampai ke puncaknya, pengunjung harus berjalan mendaki dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Setelah sampai di puncak, para petualang biasanya langsung menuju ke air terjunnya dengan menuruni tebing bebatuan sekitar 100 meter.

Baca Juga:  Komunitas Kendari Kreatif Siap Mengantar Daerah Menuju Kota MICE

“Di sini kita bisa refresing sekaligus olahraga untuk bakar lemak. Karena kita bisa mengeluarkan keringat dan melatih otot kaki saat mendaki,” ungkap Arfin (23), salah satu pengunjung di Puncak Amarilis.

Pengunjung kawasan wisata ini biasanya berkunjung pada Sabtu sore untuk bermalam minggu bersama teman sekolah, kampus, keluarga, kelompok pencinta alam, komunitas atau organisasi lainnya. Puncak keramaian kawasan wisata ini terjadi pada momen tahun baru dimana nyala kembang api terlihat jelas dari ketinggian puncak ini.

“Kalau malam minggu atau malam hari libur biasanya kami dan teman-teman Mapala berkunjung ke sini, sekalian kita bermalam. Jadi, kita bawa perlengkapan kemah. Jika hendak bermalam kita dapat mendirikan kemah dan membuat api unggun,” tutur Roki (20), salah satu mahasiswa pecinta alam saat di temui di lokasi Puncak Amarilis beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Lima dari 45 Cagar Sejarah di Kendari Siap Diperkenalkan

Dari Puncak Amarilis, Anda dapat menyaksikan pemandangan teluk dan kawasan Kota Kendari. Pada malam hari ribuan lampu yang menerangi seluruh kota tampak kelap-kelip seperti kunang-kunang yang bertebaran.

Selain itu, di kawasan puncak ini terdapat aliran sungai dan air terjun yang menambah keindahan lokasi wisata lokal ini.

Di lokasi air terjun, para pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang tingginya sekitar 7 meter. Bebatuan alam yang memiliki aneka ragam warna dengan pola yang menarik turut menghiasi pemandangan aliran air terjun ini.

Para pengunjung biasanya memanfaatkan air terjun ini untuk berfoto. Di bawah air terjun Anda juga bisa mandi sembari menyelami airnya yang sejuk.

“Kelelahan selama mendaki dan menuruni tebing akan terbayarkan dengan kesejukan dan panorama yang dihidangkan air terjun Amarilis,” kata Roki.(b)

Penulis: La Ode Husaini
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED