oleh

Rakor Bersama DPRD, Diskominfo Sultra Paparkan Program Pelayanan dan Komunikasi Satu Pintu

-Pena Kendari-425 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) M Ridwan Badalla mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, pada Senin, 7 September 2020.

Di hadapan anggota Komisi III dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), M Ridwa Badalla memaparkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh Diskominfo Sultra, diantaranya Pelayanan dan Komunikasi satu pintu. Karen pada era ini, tantangan komunikasi menjadi hal yang tidak terhindarkan dan bahkan datang dari segala penjuru.

Demi menyiasati dan mengantisipasi hal tersebut diperlukan keandalan dalam penyampaian, pengembangan dan penyebaran segala bentuk komunikasi dan informasi secara internal maupun eksternal.

“Bukan pelayanan komunikasi saja. Informasi satu pintu, data satu pintu, dan pelayanan satu pintu. Dan ini sudah disetujui Gubernur. Untuk mewujudkan itu kita butuh 4 indikator, pertama regulasi mulai dari Perda sampai dengan Pergub sebagai payung hukum, kita membutuhkan infratruktur Fider Optik, Server dan Sofware. Kita harus satu server, Dinas Kominfo merupakan Server, sedangkan Dinas-Dinas lain merupakan portal”, jelas Ridwan Badalla saat ditemui di ruang rapat DPRD Sultra.

“Kemudian Software yaitu satu apliksi yang bisa mengakses seluruh data dan informasi yang ada. Jadi, kalau misalnya kalau mau liat kameko tiggal dibuka dalam aplikasi. Misalnya di Kabupaten Muna. Dan datanya kita akan update terus”, sambungnya.

Menurutnya, di era informasi dan komunikasi yang interaktif ini, perlu memahami bagaimana komunikasi bekerja. Banyak informasi yang dimiliki dan dibutuhkan oleh masyarakat yang harus disampaikan kepada publik.

Selain itu, ia juga ingin menciptakan dan membina hubungan baik dengan semua insan media.

“Di era 4.0 saya kira kita harus terimah semua media, kita sambut. Tapi kita bikinkan regulasi, kita atur, supaya media ini kepada jalan yang benar, artinya terkait dengan atitude yang baik dan Kominfo siap bekerja sama”, jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi III Suwandi Andi bersama sejumlah anggota Komusi III mengapresiasi apa yang menjadi usulan dan gagasan kadis Kominfo Sultra.

“Kami apresiasi apa yang menjadi program pak kadis, Intinya ini akan menjadi perhatian dan pembahasan di internal DPRD Sultra. Terkait dengan Perdanya, nanti kita akan bahas dan pertimbangkan”, ungkapnya.(b)

Penulis: Husain

NEWS FEED