oleh

RSUD Bahteramas Siapkan 400 ‘Kartu Sakti’ untuk Pasien Tak Mampu

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas kini menyiapkan 400 lembar Kartu Sultra Sehat bagi para pasien yang tergolong kurang mampu.

Kartu sakti yang merupakan program unggulan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) itu mudah diperoleh dan gratis diberikan kepada warga Sultra.

“Kartu Sultra Sehat ini baru terlaksana sejak saya menjabat (dua bulan belakangan). Awalnya banyak keluhan. Makanya saya buat spanduk besar-besar di pintu masuk UGD dan pendaftaran, bahwa RSUD Bahteramas menerima pasien Kartu Sehat,” ungkap Direktur RSUD Bahteramas, dr Sjarif Subijakto, Selasa 22 Oktober 2019 malam.

Baca Juga:  dr. Haerul Azwar: TBC Penyebab Kematian Nomor Satu di Indonesia

Selain mengantongi surat keterangan benar-benar tak mampu yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial, menurut Sjarif, para penerima layanan Kartu Sultra Sehat itu juga dipastikan tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya.

“Itu 400 belum final. Kalau habis, saya minta lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Dirut RSU Bahteramas Beber Fakta Penyebab Meninggalnya Yusuf Kardawi

Seperti diketahui, program Sultra Sehat ini pertama kali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 pada 12 November tahun lalu.

Adapun tiga strategi utama program Sultra Sehat yang ingin dicapai hingga 2023 ini yakni, pertama, peningkatan kesehatan masyarakat melalui pendekatan keluarga. Kedua, penguatan layanan kesehatan dan terakhir, perluasan jaminan kesehatan nasional.(b)

Penulis: Ridho Achmed

NEWS FEED