oleh

Ruksamin Pimpin Rapat Perdana Penanganan Covid-19 melalui Vidcon

-Pena Daerah-160 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) menggelar rapat koordinasi terpadu penanganan Covid-19 melalui Video Confrence, di Aula lantai 1 Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Kamis 22 Juli 2021.

Rapat tersebut dipimpin langsung Bupati Konut H Ruksamin, didampingi Wabup Konut H Abuhaera, Wakil Ketua DPRD Konut I Made Tarabuana, jajaran Forkopimda Konut, dan Sekda Konut H Kasim Pagala.

Selain itu, rapat dikuti kepala dinas/badan, kepala bagian, Camat, kepala Puskesmas, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Konawe Utara.

Bupati Konut, H Ruksamin, dalam arahannya mengatakan, rapat itu merupakan tindak lanjut dari rapat penanganan Covid 19 pada Senin, 19 Juli lalu, yang dipimpin oleh Presiden RI, diikuti oleh para Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia.

“Pada senin lalu, rapat dipimpin langsung oleh Bapak presiden selaku ketua gugus pusat, melihat perkembangan Covid 19 saat ini yang terus meningkat, sehingga merubah pola pelaksanaan PPKM ada yang darurat dan mikro, ini yang kemudian kita tindak lanjuti, “kata Ruksamin.

Oleh sebab itu, ia meminta pada Kepala OPD, Kepala Puskesmas (Kapus), Camat, Lurah dan Kepada Desa untuk mengambil sikap dalam perubahan penganan Covid-19 tersebut.

“Sengaja saya undang semua, saya minta melalui perubahan anggaran semua Dinas, Camat, Kapus, sudah harus menyiapkan perangkat penanganan Covid-19, dan mengambil sikap bagaimana cara penanganannya,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, untuk langkah penganan Covid-19 tersebut agar setiap gugus tugas yang ada di Desa melakukan pembagian tugas dengan jelas, mendata penduduk yang sudah divaksin tahap 1 dan tahap 2 serta yang belum divaksin, serta membuat posko PPKM ditingkat Desa/Kelurahan dengan dibantu relawan 20 orang setiap Desa.

Setelah menyampaikan arahan, Ruksamin memberikan kesempatan kepada Sejumlah Pimpinan OPD, untuk memaparkan terkait penanganan Covid 19 di Konut , yakni Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kadis PMD, Kepala BKAD, Kadis Koperasi dan UMKM, direktur RSUD, Kalak BPBD, dan PLN ULP Benu-Benua.

“Ini sengaja saya lakukan, untuk melakukan sinkronisasi data warga mendapat bantuan jangan sampai dobel-dobel,” tegas Bupati.

Secara rinci, Kadis Kesehatan Konut, Nurjannah Effendi memaparkan pelaksanaan vaksin serta strategi pencegahan penyebaran Covid 19.

“Masalah anggaran yang sementara dan yang akan di realisasikan baik masalah insentif Nakes serta data Pasien Covid 19 yang ada saat ini berbasis By Name By adress berdasarkan Desa, “ucapnya.

Selanjutnya, Kadis Sosial memaparkan data By Name by Andreas semua jenis Bansos yang diterima Masyarakat di Konut (data berbasis Desa/ Kecamatan) Sumber anggara APBN, APBD Prov dan APBD Kabupaten, ketersediaan bahan Bansos yg akan di kucurkan di masa Pandemi Covid 19 yg bersumber APBD Kab, dam strategi Dinsos dalam menangani Bansos di masa Pandemi Covid di Konut.

Kemudian, Kadis PMD memaparkan jumlah APBDes setiap Desa yang disiapkan untuk Penanganan Covid 19 ditingkat Desa Serta jenis-jenis Peruntukannya anggarannya, Data Perdesa Pembentukan Satgas Covid-19 serta Pembentukan PPKM mikro TK Desa, dan strategi Penanganan Covid 19 di TK Desa melalui PPKM mikro.

Dirketur RSUD memaparan Kondisi BOR RSUD saat ini dan penanganannya, strategi penaganan Pasien jika terjadi lonjakan pasien Covid-19, dan kesiapan anggaran penaganan pasien termasuk Insentif Nakes.

Kadis Koperasi UMKM Memaparkan data Koperasi/ UMKM se Kab Konawe Utara berbasis Desa/ Kelurahan , Jenis bantuan Kepada Koperasi/UMKM Kab Konawe Utara Yg disiapkan yg bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten, Strategi Dinas Koperasi UMKM dalam meningkatkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid.

PLN Asera, memaparkan jenis Bansos melalui PLN yang dikucurkan ke masyarakat saat pandemi Covid 19, dan mepaparkan data (By name By adress) penerima bantuan Bansos melalui PLN untuk Masyarakat Kab. Konawe Utara

Kepala BKAD Konut, Marthen Minggu memaparkan jumlah peserta kesiapan anggaran serta peruntukannya dan realisasi anggaran dalam rangka Penanganan Covid-19 di Kab Konawe Utara, dan terakhir Kepala BPBD Memaparkan Info grafis penanganan Covid-19 di Konawe Utara

Diketahui, saat ini Konawe Utara berada dilevel 2 pelaksanaan PPKM, Indikator acuan untuk level dua kasus konfirmasi mingguan 40 – 64 per 100.000 penduduk, perawatan mingguan 5 – 9 per 100.000 penduduk, dan BOR mingguan <60%.

Untuk level ini, ketentuannya adalah pelaksanaan kegiatan disektor rumah makan, Resepsi pernikahan, kegiatan sosial, dan tempat ibadah masih bolehkan tetapi, dibatasi dengan kapasitas 50% dengan Prokes ketat.

Penulis: Tim Redaksi

 

Komentar

NEWS FEED