oleh

Ruksamin Tekankan Penyuluh Pertanian Harus Mampu Pecahkan Masalah Petani

-Pena Daerah-262 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan pertemuan teknis penyuluh Pertanian lapangan pada Senin, 15 November 2021.

Dalam laporannya, Plt Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Konawe Utara, Marthen Minggu memaparkan pertemuan teknis ini merupakan bentuk menata tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) penyuluh di lapangan secara teknis, contohnya, jangan ada lagi kelompok yang datang membawa proposal ke dinas tanaman pangan dan peternakan, semua kita lalui lewat penyuluh.

“Tujuan pertemuan teknis ini membangun landasan untuk pelaksanaan tugas Penyuluh Pertanian, menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja, dan tata hubungan Penyuluh Pertanian, memberikan wawasan berpikir dan bertindak secara komprehensif,” ucap Marthen Minggu.

Dalam sambutannya, Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan, penyuluh bertugas memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju.

“Lebih 500 Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) saya datangkan dari kementerian pertanian ke dinas tanaman pangan dan pertanian konawe utara untuk semata-mata Sejahteraan dan Berdaya Saing petani kita,” tegas Ruksamin.

Lanjut Bupati dua periode itu, memaparkan bahwa Penyuluh mampu menjadi aparatur pertanian yang profesional, amanah, kreatif, proaktif, serta responsif dalam pelaksanaan tugasnya.

“Penyuluh harus mampu memecahkan permasalahan petani di lapangan, sesuai disiplin ilmu pengetahuan yang dimiliki, metodologi dan teknis analisis yang tepat sesuai potensi wilayah masing-masing,” tutup, Ruksamin.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

NEWS FEED