oleh

Salah Isi Form C1, PPS di Wakatobi Kembalikan Kotak Suara ke PPK Dini Hari

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Enam TPS di Desa Mola Nelayan Bakti, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi salah mengisi Form C1. Akibatnya, pengembalian kotak suara ke PPK molor hingga pukul 01.30 Wita.

Ketua PPS Desa Mola Nelayan Bakti, Sardi menjelaskan, kesalahan pengisian form C1 bukan terjadi pada angka perolehan hasil suara caleg, tetapi salah penulisan pada data pemilih dan pengguna hak pilih.

“Daftar pemilih tambahan kadang dimasukan di daftar pemilih khusus, atau sebaliknya. Kesalahan itu tidak sama sekali terjadi pada hasil perolehan suara caleg,” terang Sardi saat ditemui di kantor PPS Desa Nelayan Bakti, Jumat, 19 April 2019 dini hari tadi.

Baca Juga:  Duit Rp158 Juta untuk Honor PPK dan PPS Laeya Raib Digondol Maling

Untuk memperbaiki kesalahan pengisian Form C1 itu, seluruh KPPS melakukan perbaikan di Sekretariat PPS yang dipantau langsung PTS dan dijaga pihak keamanan.

Salah satu anggota Panwascam Wangiwangi Selatan, La Ane mengatakan, untuk mempercepat pengembalian kotak suara, pihaknya menekan PPK untuk segera mempercepat perbaikan kesalahan yang dilakukan KPPS.

Baca Juga:  KPU Kendari Lantik Anggota PPK Tambahan

“Kalau sampai pukul 00.00 Wita kotak suara belum juga dibawa kami paksa PPK lagi,” tekannya.

Setelah menunggu lama, akhirnya kotak suara pun tiba di Sekretariat PPK tepat pukul 01.30 Wita, dini hari tadi.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED