oleh

Santri dan Pemuda NU Punya Peran Besar Mengawal Indonesia

PENASULTRA.COM, KONAWE – Saat didaulat membawakan orasi kebangsaan dihadapan ratusan santri se Kabupaten Konawe dalam rangka memeringati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2019, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Tenggara (Sultra), Pendais Haq mengatakan santri dan pemuda Nahdlatul Ulama (NU) punya peran besar dalam mengawal bangsa Indonesia.

“Santri dan pemuda NU punya peran besar dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu kita harus bangga menjadi bagian dari NU,” kata Pendais di pelataran Masjid Babussalam Unaaha, Senin 21 Oktober 2019.

Baca Juga:  Pendais Haq Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua GP Ansor Sultra

Menurut Pendais, pasca kemerdekaan, pada 22 Oktober 1945 pemuda NU dengan Panji Hisbullahnya dimana semua anggotanya adalah santri berdiri dengan gagah mengawal kemerdekaan bangsa melawan penjajah. Belum lagi tragedi Rengasdengklok juga dikawal oleh santri.

Baca Juga:  GP Ansor Sambut Baik Kedatangan Jokowi di Sultra

“Kita harus bangga menjadi santri,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia kegiatan, Muh. Agus mengungkapkan kegiatan itu bertujuan untuk meneladani semangat jihad para pendahulu.

“Sama seperti yang dikatakan oleh Presiden Jokowi, peringatan santri untuk meningkatkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara,” pungkas Ketua LazisNu Konawe itu. (b)

Penulis: Bas

NEWS FEED