oleh

Satgas TMMD Turun Tangan Latih Gerak Jalan Siswa di Butur

PENASULTRA, BUTON UTARA – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019, semua instansi pemerintahan termasuk sekolah dasar mengah dan lanjutan atas sibuk menyiapkan keikutsertaan pada sejumlah event perayaan HUT RI tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Untuk event gerak jalan, SMPN 4 Satap Kulisusu, Desa Banu-banua jaya, Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) tampak serius. Pihak sekolah, melakukan kerjasama dengan anggota TNI dari satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 14/16 Muna untuk melatih peserta gerak jalan dan baris berbaris.

“Kegiatan pelatihan gerak jalan oleh prajurit TNI ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap disiplin siswa,” kata Darson Rahmat anggota TNI yang melatih gerak jalan siswa SMPN 4 Satap Kulisusu, Sabtu 3 Agustus 2019.

Baca Juga:  Panglima Koopsau II Gagas Proyek Pengembangan Bandara HLO

Menutut Darson, bahwa kekompakan itu tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi, derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat siswa-siswi untuk melaksanakan latihan.

“Untuk memperoleh fisik dan mental yang baik, para siswa dilatih berjalan keliling jalan melintasi desa Banu-Banua Jaya,” ujarnya.

Selain latihkan ketahan fisik agar tetap prima, lanjut Darson peserta juga dilatih tentang kekompakan di dalam barisan dan menjaga kerapian barisan. Karena kekompokan dan kerapian barisan merupakan aspek penilian.

Baca Juga:  Ini Harapan Plt Walikota Kendari di HUT RI ke 73

Satgas TMMD yang dikomandoi Letkol Inf Febi Triandoko sangat mengapresiasi semangat siswa dan siswa SMPN 4 Satap Kulisusu dalam berlatih gerak jalan. Bahkan dihari pelaksanaan nanti mereka ingin memberikan yang terbaik buat orang tua guru dan pelatih.

Sementara itu, peserta gerak jalan Radil mengatakan, ia baru pertama kali menjadi tim gerak jalan dari sekolah yang dilatih TNI. Siswa kelas dua SMP Satap ini bertekad timnya akan menjadi tim terbaik.(b)

Penulis: Iyet La Ode
Editor: Mila

NEWS FEED