oleh

Save Papua, Monyet Buton Tolak Rasis

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Puluhan massa yang menamakan diri Pemuda Kepulauan Buton menggelar aksi solidaritas untuk masyarakat Papua di simpang empat lampu merah tugu kirap, Kota Baubau, Selasa sore, 20 Agustus 2019.

“Save Papua, monyet Buton tolak rasis,” tulis selebaran dan pamflet yang ditenteng para peserta aksi.

Kordinator aksi, Jasmin mengungkapkan bahwa aksi solidaritas ini sebagai respon terhadap kondisi Indonesia saat ini yang sedang dilanda masalah kemanusiaan.

Baca Juga:  Teguh Setyabudi Dapat Gelar La Ode dari Kesultanan Buton

“Ujaran kebencian, rasisme, dan intoleransi ditunjukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab di negeri ini hingga membuat ketentraman dan keamanan negara terancam,” kata Jasmin.

Gejolak mahasiswa dan rakyat Papua saat ini kata Jasmin adalah akibat dari sikap intoleransi yang tidak bertanjungjawab dari oknum oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Bukan cuma mengajak masyarakat luas untuk prihatin dengan permasalahan ini. Tetapi juga mengharapkan tindakan para elit dan para pemimpin di negeri ini untuk menyikapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut,” tutur Jasmin

Baca Juga:  PT BIS Dilapor ke KPK, Zulkifli Hasan dan 2 Mantan Gubernur Sultra Ikut Diseret

Jasmin berharap semua elemen masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat Baubau sadar berpegangteguh pada pentingnya persatuan Indonesia dalam Pancasila.

“Intolerasi dan tindakan Rasis akan mengancam kehidupan bangsa dan akan menyebabkan perpecahan dan konflik horisontal di masyarakat,” tandasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Kas

NEWS FEED