oleh

Selain Obat Kanker, Ini Manfaat Tanaman Rosela Untuk Kecantikan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA. COM, KENDARI – Tanaman Rosela yang dikenal dengn nama latin Hibiscus Sabdariffa L atau tumbuhan asam paya ternyata banyak memiliki manfaat, terutama untuk kecantikan.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Farmasi Stikes Mandala Waluya, Wa Ode Yuliastri mengatakan, dalam kesehatan selain digunakan untuk anti kanker, rosella dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.

Tanaman yang mudah ditemui di daerah yang memiliki iklim sejuk atau basah ini sangat kaya akan kandungan flofonoid, terten, dan antioksidan. Kandungan Antioksidan inilah yang kemudian banyak digunakan sebagai zat aktif untuk prodak farmasi kecantikan seperti cream tabir surya, gel kecantikan, anti aging atau anti penuaan dini.

“Karna antioksidan itu bisa digunakan di kulit sebagai penangkal radikal bebas, bisa juga digunakan untuk meningkatkan sistem imun pada sel kanker, utamanya pada pasien-pasien kanker,” kata Yuliastri saat ditemui diruangannya, Rabu 6 November 2019.

Menurutnya, manfaat antioksidan untuk kulit adalah untuk menetralkan radikal bebas, mengurangi garis halus dan kerutan, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi jerawat, dan mengurangi bintik hitam diwajah.

Yuliastri menjelaskan, cara penggunaan praktis rosella untuk kecantikan umumnya dengan diremas atau ditumbuk, kemudian sari-sarinya di oleskan ke wajah seperti masker.

Masker rosella dapat digunakan setelah beraktifitas seharian. Sebaiknya pada malam sebelum tidur. Setelah di oleskan diwajah, diamkan selama 10 hingga15 menit, lalu basuuh wajah dengan air bersih.

“Tujuannya untuk penangkal radikal bebas. Itu sebagai anti oksidan untuk kulit,” tutupnya.

Untuk diketahui, Rosella merupakan spesies bunga yang berasal dari benua afrika ini pada umumnya dinikmati dengan cara diseduh seperti teh. Bunganya yang berwarna merah kerap kali dijadikan bahan pewarna makanan oleh masyarakat.

Penulis: Luthfi Badiul Oktaviya
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED