oleh

Sering Main HP, Balita Ini Terpaksa Jalani Operasi Mata

PENASULTRA.COM – Bagi orang tua yang memiliki balita, anda bisa menyimak cerita seorang ayah di Bangkok bernama Dachar Nuysticker Chuayduang.

Dikutip dari kisah Nakita.grid.id, ayah ini menceritakan penyesalan di hidupnya melalui akun facebooknya bahwa dirinya lalai menjaga anaknya yang masih balita.

Hingga balita putri kesayangnnya itu harus menjalani operasi mata diusia empat tahun setelah dokter memvonis anaknya menderita mata malas dengan satu mata miring (juling), salah satu komplikasi paling serius dari miopi dan astigmatisme.

Jika tidak menjalani operasi, mata anak itu tidak akan pulih bahkan bisa menyebabkan buta permanen.

Setelah operasi, dokter menyarankan sang ayah agar membatasi waktu putrinya untuk bermain smartphone, tablet atau menonton TV karena cahaya layar perangkat ini akan memengaruhi matanya. HP dan tablet bukan hanya merusak penglihatannya, tetapi juga menyebabkan anak sulit untuk fokus belajar.

Dachar pun menyesal karena memperkenalkan balitanya dengan smartphone saat usia dua tahun. Hingga balita ini pun kecanduan, ia rewel dan marah jika orang tua menjauhkannya dari HP. Balita ini pun menghabiskan banyak waktunya didepan layar HP untuk bermain. Karena kebiasaan buruk ini maka balita di Bangkok ini harus menderita cacat mata.

Akibat buruk dari kebiasaan anak bermain didepan layar HP menurut sejumlah hasil penelitian, menyebutkan anak-anak beresiko besar mengalami mata juling sementara.

Selain durasi pemakaian yang terlalu sering, jarak yang terlalu dekat dengan layar kemungkinan menjadi penyebab gangguan mata juling (mata yang tidak searah).

Bagi orang tua yang memiliki balita dengan kebiasaan main HP, segera selamatkan anak anda dari kebiasaan buruk anak main HP dengan durasi berlebihan.(kas)

sumber: nakita.grid.id

NEWS FEED