oleh

Tak Dilibatkan dalam Mutasi dan Pelantikan Pejabat, Wagub Sultra Kecewa

PENASULTRA.COM, KENDARI – Mutasi dan pelantikan 42 pimpinan tinggi pratama (eselon II) dan pejabat administrator yang dilakukan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi kemarin, Senin 7 Januari 2019, ternyata tidak diketahui oleh Wakilnya, Lukman Abunawas.

Hal ini dibenarkan Lukman Abunawas sendiri. Faktanya, kemarin, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra itu tak diundang hadir dalam pelantikan tersebut.

“Betul, kemarin saya tidak diundang. Kemarin saya panggil La Ode Mustari yakni Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sultra dan tanya kenapa ada acara pelantikan tapi tidak hubungi saya sebelumnya. Ini termasuk tidak menghargai saya. Kok tidak ada undangan,” kata Lukman, Selasa 8 Januari 2019.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) itu menilai, mutasi dan pelantikan yang digelar kemarin sarat akan “kepentingan” karena dirinya tak dilibatkan.

Baca Juga:  Sultra Berduka, Hj. Yati Lukman Abunawas Tutup Usia

“Sebaiknya libatkan wagub sesuai komitmen kami dengan pak Ali Mazi, urusan birokrasi wagub yang tangani. Sedangkan urusan pemerintahan dan investasi dihandel oleh Gubernur Sultra kendatipun keputusan tertinggi ada pada gubernur,” ujar Lukman seraya mengaku kecewa atas perlakuan Ali Mazi yang dinilainya sudah melanggar komitmen.

Sebelumnya, dalam mutasi dan pelantikan 42 pejabat eselon II dan III yang digelar kemarin, ada tiga pejabat yang khusus diserahi amanah rangkap jabatan menyusul sejumlah aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra lainnya memasuki masa pensiun.

Mereka masing-masing, Abdul Rahim, yang dahulu sebagai staf Sekretariat Daerah (Setda) Sultra dilantik menjadi Kabid Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra sekaligus mengemban jabatan Plt Kadis Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra.

Baca Juga:  Ali Mazi Lantik Dua Kada di Sultra Hasil Pilkada Serentak

Kemudian, Yuni Nurmalawati, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra dilantik menjadi Kabag Sumber Daya Alam Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Sultra sekaligus menjabat Plt Kepala Biro Ekonomi Setda Sultra.

Terakhir, Andi Azis yang selama ini menjabat Kabid Energi Baru Terbarukan Dinas ESDM Sultra mendapat promosi menjadi Sekretaris ESDM Sultra sekaligus ia dilantik sebagai Plt Kadis ESDM Sultra menggantikan Andi Makkawaru.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED