oleh

Tegas Menertibkan Pertambangan, Dinas ESDM Sultra dapat Pujian

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Langkah tegas penertiban pertambangan yang tengah dilakukan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan.

Salah satunya datang dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sultra.

Ketua DPD LIRA Sultra, Nizar Fachri Adam mengatakan, apresiasi kepada Dinas ESDM Sultra diberikan khususnya Kabid Mineral dan Batubara, Yusmin. Pasalnya, ia mampu melakukan terobosan transparasi publik terkait investasi pertambangan di Sultra.

Baca Juga:  Rakor Bersama KPK, Ali Mazi "Curhat" Soal Tambang

Selain itu Yusmin juga dinilai mampu memberikan pencerahan terhadap investor dalam menjalankan kewajiban investasi terkait pajak, retribusi dan lainnya.

“Baru saja dilantik, ia sudah melakukan investigasi terkait permasalahan pertambangan yang ada,” ujar Nizar saat ditemui di Kendari, Minggu 10 Februari 2019.

Selain itu, langkah penetapan standar operasional pertambangan (SOP) terkait kewajiban perusahaan tambang menerbitkan sertifikat ahli tambang dinilai efektif dalam menertibkan perusahaan tambang. Sebab, di Sultra masih terdapat beberapa perusahaan tambang yang tidak memiliki Sertifikat Keahlian Teknik (SKT) Pertambangan dalam beraktivitas.

Baca Juga:  Dishut Sultra Minta PT. PLN dan PT. AABI Hentikan Aktivitas Tambang Emas

“Ini baru terobosan yang benar bagi pertambangan ke depan. Tidak ada kata lain selain dengan pembenahan di sektor tambang sehingga dapat berdampak pada perbaikan ekonomi kita,” pungkasnya.(b)

Penulis: La Ode Muh. Faisal
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED