oleh

Tiba di Kendari, Peserta Kirab Satu Negeri Disambut Silat Muna

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Setelah melalui perjalanan panjang dari pulau terluar Sulawesi mulai dari Miangas, Sulawesi Utara (Sulut) hingga di Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis 4 Oktober 2018, peserta Kirab Satu Negeri (KSN) akhirnya tiba juga di ibukota Sulawesi Tenggara (Sultra), Kendari.

Meski di Sulawesi Tengah (Sulteng) sempat terjadi gempa bumi dan tsunami, namun peserta KSN menuju Sulbar hingga ke Sultra berjalan sesuai dengan rencana.

Pantauan awak Penasultra.com, kedatangan peserta KSN di Sultra disambut dengan silat Muna. Sehingga suasana pun makin meriah.

Ketua PW GP Ansor Sulawesi Tenggara (Sultra) Pendais Hak mengatakan, ada beberapa item kegiatan KSN selama di Sultra di antaranya diskusi bersama pemuda dan mahasiswa antar umat beragama untuk menjaga suasana damai serta bersama-sama menjaga konsensus kebangsaan.

Baca Juga:  Maju di Pilcaleg, Salam Loga Siap Wakafkan Diri untuk Masyarakat

Kemudian, kunjungan wisata bersama dengan peserta KSN. Terakhir doa dan zikir bersama untuk korban gempa Donggala dan Palu sekaligus penggalangan dana.

“Semoga selama kegiatan KSN di Sultra yang dimulai pada 4 Oktober sampai dengan 9 Oktober 2018 berjalan lancar tanpa ada hambatan,” kata Pendais kepada awak media usai pembukaan KSN di Eks MTQ Sultra, Kamis 4 Oktober 2018.

Dengan adanya kegiatan KSN ini, ia berharap, masyarakat Sultra dapat menyatukan pikiran dan pandangan untuk bersama-sama menjaga NKRI dari segala ancaman.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Abdul Salam Loga turut menambahkan. Kata dia, tujuan dari kegiatan KSN adalah untuk mengokohkan konsensus (kesepakatan) bangsa Indonesia dalam menentukan dasar negara, yaitu Pancasila.

Baca Juga:  Jaga Persatuan Bangsa, Organisasi Lintas Agama Gelar Deklarasi Damai

Bagi NU maupun Ansor, tambah dia, NKRI itu harga mati dan tidak boleh ditawar-tawar.

“Bagi GP Ansor, kegiatan ini semata-mata menyebarkan kedamaian. Dan semata-mata menyampaikan kepada masyarakat agar bersama-bersama menjaga kedaulatan Indonesia. Sebab, jangan sampai ada kelompok-kelompok yang ingin mencoba memecah belah bangsa,” terang mantan ketua PW GP Ansor Sultra itu.

Untuk diketahui, penyerahan bendera KSN di Sultra diterima langsung Ketua PW NU Sultra KH. Muslim dan disaksikan seluruh peserta KSN.(b)

Penulis: La Basisa
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED