oleh

Tiga Mega Proyek Pemprov Sultra Diprotes

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Tiga program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN) disoroti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra.

Tiga program prioritas itu merupakan mega proyek Pemprov Sultra yang bakal menyedot uang rakyat dalam nilai fantastis mencapai triliunan rupiah. Tiga proyek ini adalah pembangunan Rumah Sakit (RS) Jantung bertaraf internasional dengan anggaran sekitar Rp460 miliar, Pembangunan Jalan Wisata Toronipa-Kendari sekitar Rp 1,1 triliun serta Pembangunan Perpustakaan Daerah Sultra dengan anggaran sekitar Rp100 miliar.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sultra, Muh Endang SA menilai tiga program prioritas ini tidak terlalu mendesak untuk direalisasikan dan masih banyak program lain yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

Program prioritas pertama yakni pembangunan perpustakaan modern dinilai tidak begitu tepat sasaran. Menurut Endang, saat ini perkembangan teknologi telah mengubah paradigma masyarakat atau pengunjung perpustakaan kearah digitalisasi.

Baca Juga:  Unjuk Rasa Pencabutan Tujuh IUP Bermasalah di Konut Dinilai Salah Alamat

“Fakta-fakta yang ada mendukung, di Amerika, toko buku ternama tahun 1971 bernama Borders Group jatuh karena pembaca lebih ke buku digital atau hp dibanding ke toko buku,” beber Endang Selasa 29 Oktober 2019.

“Masa kita mau kembali ke masa lalu, sementara orang sudah maju dengan e-library atau perpus elektronik. Kalau memang gubernur ingin menjawab kebutuhan masyarakat terhadap bacaan harusnya bangun e-library,” ujarnya.

Untuk program prioritas kedua yakni Jalan Akses Wisata Toronipa-Kendari perlu juga dipertimbangkan karena program dengan anggaran kurang lebih Rp1 triliun ini dinilai tak begitu mendesak.

“Kalaupun mau dibangun, seyogyanya jangan menelan anggaran sebesar itu,” ucapnya.

Sementara, pembangunan RS Jantung, kata Endang harusnya dipertimbangkan karena belum menjadi prioritas. Mengingat, fasilitas dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) belum memadai. Sehingga jika tetap dilaksanakan dikhawatirkan tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Baca Juga:  Rencana Kewajiban Perusahaan Tambang Berkantor di Kendari Didukung Dewan

“Kami lebih sepakat jika Pemprov memaksimalkan kualitas layanan yang telah ada seperti Poli Jantung,” tambahnya.

Politikus Partai Demokrat Sultra ini pun meminta Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk meninjau kembali tiga program prioritasnya.

Evaluasi ini lanjut Endang, sejalan dengan penegasan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian yang akan melalukan evaluasi terhadap anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pemerintah provinsi (Pemprov) agar lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat dan tepat sasaran.

“Saya mendukung sikap yang diambil Mendagri untuk melakukan evaluasi baik yang sementara dalam pembahasan maupun yang sudah ditetapkan. Saya akan mendorong DPRD untuk melakukan evaluasi APBD Sultra,” kata Endang seraya menambahkan bahwa rencana evalusi tiga program prioritas ini akan dikoordinasikan juga di Kemendagri.

Untuk diketahui ketiga program prioritas Gubernur Ali Mazi ini sudah ditetapkan dan pembangunannya mulai berjalan.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kasmilahi

NEWS FEED