oleh

Tim Akreditasi FKTP Kemenkes RI Tinjau Kelayakan Enam Puskesmas di Bombana

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Tim surveyor komisi akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan RI meninjau enam Puskesmas di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara untuk melakukan penilaian akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana Sunandar mengatakan, penilaian tim Kemenkes RI ini dimulai sejak tanggal 12 November 2018. Dimulai dari Puskesmas Poleang Utara, Puskesmas Poleang Timur dan berakhir di Poleang Barat pada tanggal 17 November 2018.

Sedangkan untuk Puskesmas wilayah Kepulauan Kabaena, lanjut dia, akan dimulai pada tanggal 25 November 2018. Sasaranya, Puskesmas Kabaena, Kabaena Barat dan Kabaena Timur.

Baca Juga:  BNPT dan FKPT Beri Penguatan Penyuluh Agama Tangkal Radikalisme

Mantan Direktur RSUD Bombana ini berharap, penilaian akreditasi ini dapat meningkatkan pelayanan dan keselamatan pasien secara umum.

“Bukan hanya target terakreditasi. Tapi kami harap kedepannya kita dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas,” kata Sunandar Rabu 14 November 2018.

Sebelumnya, ketua tim surveyor Kemenkes RI dr Agung Dwi Wulantari mengatakan, penilaian akan dilakukan pada kesesuaian penyelenggaran administrasi manajemen setiap Puskesmas.

Baca Juga:  Media Dapat Menjadi Instrumen Aksi Teroris

Sehingga, Dinkes Bombana dianjurkan untuk selalu mengacu pada aturan tata tertib pelaksanaan survey akreditasi FKTP dan diwajibkan mengirim laporan evaluasi sepekan setelah proses penilaian.

”Kami hanya bertugas untuk membina dan nilai FKTP dalam bekerja, apakah sudah sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan atau sebaliknya .mengenai kelulusan Akreditasi FKTP itu merupakan kewenangan dari komisi akreditasi FKTP,” kata Agung Dwi Wulantari.(b)

Penulis: Zulkarnain
Editor: Kas

NEWS FEED