oleh

Tim Sar Evakuasi Longboat yang Mati Mesin di Perairan Buton

-Pena Kendari-543 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebuah longboat dengan 2 orang penumpang mengalami mati mesin di sekitar Perairan Buton, Kabupaten Buton pada Sabtu, 26 Desember 2020.

Sebelumnya, pada hari yang sama sekitar pukul 07.00 Wita  longboat tersebut berangkat dari Pasar Wajo, Kabupaten Buton menuju Wanci Kabupaten Wakatobi. Namun, pada pukul 14.00 Wita longboat tersebut mengalami mati mesin disekitar Perairan Bbuton.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi menjelaskan bahwa pihaknya menerima informasi tersebut dari Harianto salah satu keluarga korban yang melaporkan insiden tersebut.

Jarak antara Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 19,22 Nautical Mile (NM).

“Pada pukul 15.25 wita Tim rescue pos sar Wakatobi diberangkatkan dengan menggunakan RIB menuju LKK untuk memberikan bantuan SAR”, jelas Aris melalui rilis persnya, Sabtu malam, 26 Desember 2020.

Selanjutnya, pada pukul 17.11 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di LKK dan menemukan Longboat beserta 2 orang POB dalam keadaan selamat. Longboat tersebut ditemukan sekitar 1,5 NM dari LKK dan ke- 2 orang penumpang tersebut langsung dievakuasi menuju pelabuhan Wanci.

“Pada pukul 20.50 wita tiba di Pelabuhan Wanci. Dengan ditemukannya longboat beserta 2 orang penumpang dalam keadaan selamat, operasi SAR terhadap satu buah longboat yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Buton, Kabupaten Buton dinyatakan selesai dan ditutup”, tutup Aris.

Berikut data korban:

1. LM Suharman/Laki/41tahun warga Kelurahan Mandati Kabupaten Wakatobi

2. Laode Adi/Laki/25tahun Warga Liya Togo Kabupaten Wakatobi

Penulis: Husain

NEWS FEED