oleh

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, BI Gelar Diklat Jurnalis Ekobis

PENASULTRA.COM, MAKASSAR – Tingkatkan kapasitas jurnalis ekonomi dan bisnis (Ekobis) serta enumerator (surveyor), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Pendidikan dan Pelatihan wartawan di Novotel Hotel Makassar, Sulawesi Selatan 12-14 Agustus 2019.

BI menghadirkan Managing Editor Tempo, Yandhrie Arvian sebagai pemateri. Ia memaparkan prinsip wawancara, mencari angel berita yang menarik dan proses menggali informasi akurat.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah mengatakan, pelatihan ini merupakan komitmen BI untuk meningkatkan kapasitas wartawan ekonomi dan bisnis yang terkait dengan kerja BI.

Baca Juga:  Lagi, Imam Masjid dan Guru Ngaji Di Sultra Diberangkatkan Umrah Gratis

“Ini baru pertama kali kami adakan. Kami ingin para wartawan yang ikut dapat meningkatkan kapasitasnya dalam penulisan berita dan bisa menggali informasi dengan akurat di BI,” kata Surya Alamsyah, Selasa 13 Agustus 2019.

Menurut Surya, melalui kegiatan ini jurnalis dapat menggali secara mendalam program-program BI dan berkolaborasi untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Peserta pelatihan enumerator dan jurnalis berpose bersama

“Tak hanya wartawan tapi enumerator juga butuh materi terkait prinsip wawancara, karena setiap melalukan survei pasti akan bertanya,” ujarnya.

Pihak BI juga ikut memaparkan langkah-langkah utama BI untuk menurunkan dan mengendalikan inflasi.

Baca Juga:  Bidik Senayan, YSA Optimis Raih Suara Terbanyak di Kepulauan

Langkah-langkah utama tersebut, kata Surya, dikenal dengan 4K yakni ketersediaan pasokan bahan pangan, keterjangkauan harga pangan, kelancaran distribusi barang dan komunikasi yang efektif.

“Kami juga menyampaikan terkait sistem pembayaran, BI mencanangkan gerbang pembayaran nasional,” tutupnya.

Pada kegiatan yang mengikutkan 25 jurnalis Ekobis Sultra baik media cetak, onlinen dan televisi serta akademisi di beberapa kampus di Kendari (enumerator). Kegiatan ini mengusung tema “Teknik Memperoleh Informasi Akurat Melalui Wawancara”.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED