oleh

TMC La Pili Ragukan Keakuratan Survey The Haluoleo Institute

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Tim Media Center (TMC) La Pili, caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meragukan keakuratan hasil quick count lembaga survey The Haluoleo Institute (THI) dalam menetapkan enam besar calon anggota DPR RI Dapil Sultra pada 18 April 2019 lalu.

Dimana, dalam hasil quick count atau hitung cepat THI terdapat nama Ir Ridwan Bae (Golkar), Rusda Mahmud (Demokrat), Ir. Hugua (PDIP), Imran (Gerindra), Fachry Pahlevi Konggoasa (PAN) dan Tina Nur Alam (Nasdem).

Secara hitungan persentase, menurut Maul Gani, Tim TMC La Pili, PKS unggul di atas raihan Partai Nasdem yang mendukung Tina Nur Alam. Raihan suara PKS menduduki urutan ke-6 dengan 7,92 persen, sementara Nasdem hanya meraih 5,98 persen.

Baca Juga:  Soal Klaim Suara Golkar di Dapil 6, Ini Kata Tim Pemenangan AJP

Meski demikian, kata Maul, dirinya mengakui persentase Partai Golkar, Demokrat, PDIP, Gerindra, dan PAN, di atas PKS.

“Kami khawatir pengumuman hasil survey THI ini merupakan upaya penggiringan opini, sebab secara hitungan, PKS hanya kalah tidak cukup satu persen dari PAN,” ujar Maul dalam siaran persnya, Senin 22 April 2019.

Maul mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus merampungkan hasil C1 sebagai acuan raihan suara dari TPS.

“Kita hanya minta lembaga survey ini jujur dalam menyampaikan data. Kami juga memiliki hitungan dan itu bisa disesuaikan dengan data yang dimiliki KPU,” tekannya seraya menambahkan bahwa saat ini, pihak La Pili Center sudah memasuki tahap finishing dalam pengumpulan data.

Baca Juga:  Bawaslu Wakatobi Terima Keberatan Caleg PKB Soal Penggelembungan Suara

Guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Maul di kesempatan ini menghimbau kepada pendukung dan simpatisan La Pili dan PKS se Sultra tetap tenang dan tidak terpancing akan adanya opini sesat yang coba dimainkan pihak-pihak tertentu.

“Kemenangan PKS sendiri tersebar di beberapa daerah diantaranya Kabupaten Muna, Muna Barat, Buton Tengah, Buton Utara, dan Kota Kendari dengan peraih suara tertinggi direbut H La Pili,” pungkas Maul.(b)

Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED