oleh

TMMD ke-101 di Mubar Fokus Pada Kegiatan Ini

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Wadan Satgas TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 Mayor Inf. Prasetya mengatakan, program TMMD ke-101 di Muna Barat (Mubar) difokuskan pada 29 item kegiatan. 29 item kegiatan itu terdiri dari 18 kegiatan fisik, delapan kegiatan penyuluhan dan tiga kegiatan bakti sosial (Baksos).

Kegiatan fisik dilakukan berupa pembuatan drainase sepanjang 750 meter, pembuatan pagar sekolah, pembuatan perahu muara, dan penataan taman rekreasi ruang terbuka hijau. Sementara kegiatan penyuluhan mengangkat tema wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, bela negara, hukum, dan penyuluhan kepada buta aksara.

“Untuk kegiatan baksos difokuskan pada pengobatan massal, donor darah, dan pembagian sembako pada warga yang kurang mampu,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Komandan Kodim (Dandim) 1416/Muna itu, Selasa 4 April 2018.

Baca Juga:  Kodim 1416 Muna Gelar Lomba Layang-layang di Butur

Dandrem 143/HO Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman ikut menegaskan bahwa TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral dengan melibatkan TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya.

Kegiatan TMMD dalam sejarahnya, kata dia, telah berjalan sejak 1980 dengan istilah ABRI Masuk Desa (AMD). Seiring berjalanannya waktu, AMD berubah nama menjadi TMMD.

“Pada umumnya kegiatan TMMD diprioritaskan di daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin atau tertinggal, terpencil atau terisolir, perbatasan pulau-pulau kecil terluar, kumuh dan perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan serta daerah lain yang terkena akibat bencana,” beber Dedi Nurhadiman.

Dedi mengklaim, kurang lebih 38 tahun berjalan TMMD telah berhasil melaksanakan pembangunan fisik di desa-desa terpencil di Indonesia.

Baca Juga:  Buka TMMD ke 102, Ini Kata Wabup Koltim

“Tak bisa dipungkiri manfaat TMMD telah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia, terutama wilayah yang tadinya terisolir. Salah satunya adalah akses transportasi sudah bisa dijangkau. Sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat pedesaan,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke Mubar, Danrem 143/HO Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman didampingi Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Danlanud Halu Oleo Kolonel Pnb Nana Resmana SM, Dandenkes Kendari Letkol CKM dr. Junaedi Mustafa Sp.P, Dandenbekang Kendari Letkol Cba Hariyoto, Kasi Intel Rem 143/HO Mayor Inf Yudi Rombe, Kapenrem 143/HO Mayor Inf Azwar Dinata, dan Pasi Bakti TNI Mayor Arh La Ode Mursalim.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Basisa

Komentar

NEWS FEED