oleh

TPID Sultra Pantau Stok Bahan Pokok Jelang Idul Adha

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Jelang hari raya Idul Adha 22 Agustus 2018. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sultra melakukan pemantauan stok bahan pokok di Kota Kendari, Sabtu 18 Agustus 2018.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj Sitti Saleha menjelaskan, kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang Idul Adha cukup baik. Ia memastikan, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Beberapa komoditi kebutuhan pokok memiliki harga yang beragam ada yang harganya naik dan ada yang turun dan itu semua masih tetap stabil dan tentunya dapat dijangkau oleh masyarakat,” kata Siti Saleha seusai memantau pasar tradisional Mandonga dan pasar tradisional Andonouhu bersama pihak terkait yakni Polda Sultra, Bulog, Disperindag, dan BI.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim Dorong Inflasi Komoditas Bahan Makanan di Sultra

Pantauan harga bahan pokok di kedua pasar tradisional ini harga bahan pokok yang naik antara lain cabe rawit dari Rp70 ribu per kg naik menjadi Rp80 ribu per kg, daging sapi dari harga Rp110 ribu per kg naik menjadi Rp120 ribu per kg.

Sitti Saleha menambahkan bahwa kondisi harga bahan pokok, selain ada yang naik, ada pula komoditi yang harganya turun antara lain beras bulog dari harga Rp9.450 per kg menjadi Rp8.950 per kg.

Baca Juga:  550 Lembar Kupon Hewan Kurban untuk Warga Sekitar Lanal Kendari

Senada, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sultra, Minot Purwahono menegaskan stok bahan pokok terutama beras dapat mempengaruhi inflasi.

“Harga beras ini menjadi komponen yang besar termasuk bobot yang besar terjadinya inflasi makanya kita jaga jangan sampai beras ini ada kelainan harga yang tidak sesuai harga eceran terendah (HET),” ungkapnya.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED