oleh

Umar Arsal Ajak Masyarakat Sultra Tingkatkan Kewirausahaan di Sektor PK

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui mitra kerjanya Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), Umar Arsal mengimbau masyarakat Sulawesi Tenggara tingkatkan kewirausahaan pada sektor perikanan dan kelautan (PK).

Hak itu disampaikan Umar saat memberikan sambutan pada kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan keterampilan masyarakat kelautan perikanan wilayah roadshow I Sultra di Aula Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra, Sabtu 9 Februari 2019.

Umar menilai, kewirausahaan di sektor PK penting karena sumber daya perairan di Sultra sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Saat ini di Sultra hasil perikanan dan kelautan hanya dijadikan ikan kering, padahal ada banyak pengolahan yang dapat dilakukan pada hasil perikanan kita,” kata politisi senior Partai Demokrat ini.

Baca Juga:  UA Serahkan Bantuan Budidaya Madu Trigona di 8 Kelompok di Sultra

Menurutnya, di Sultra ikan sangatlah melimpah, namun jarang dimanfaatkan untuk usaha. Padahal, saat ini sudah ada pengolahan ikan yang dijadikan sosis.

“Jadi di rumah ibu-ibu bisa buat untuk anak-anaknya. Sosis ikan jauh lebih bervitamin dibanding sosis lainnya,” jelas Anggota DPR RI dua periode ini.

Dengan adanya pelatihan ini, Umar berharap dapat dimanfaatkan semua peserta agar hasil-hasil perikanan dapat dijadikan olahan bermanfaat untuk meningkatkan nilai tambah hasil perikanan.

Baca Juga:  Umar Arsal Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pondidaha

Sementara itu, Perwakilan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, Johana mengatakan, pelatihan ini diberikan untuk menambah wawasan peserta dalam meningkatkan keterampilan.

“Kita mengajarkan cara mengolah hasil perikanan seperti sosis sesuai dengan SOP. Semoga setelah pelatihan semua bisa membuat usaha sendiri,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kendari, Agus Salim Safrullah mengatakan, bimtek ini merupakan salah satu peningkatan daya saing di masyarakat nelayan.

“Diharapkan dapat terbentuk wisausaha baru setelah ikut bimtek ini,” ucapnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: La Ode Muh. Faisal

NEWS FEED