oleh

2020, Pemda Bombana Akan Dirikan Gedung Perpustakaan 2 Lantai

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Pemerintah Kabupaten Bombana dikabarkan akan mendirikan gedung perpustakaan dua lantai di tahun 2020 mendatang.

Rencana itu diungkapkan Wakil Bupati Bombana, Johan Salim saat menghadiri kegiatan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca yang digelar oleh Badan Pustaka Nasional bersama Dinas Perpustakaan Daerah di aula Kantor Bupati, Kamis 7 November 2019.

“Jauh sebelumnya, memang kami pemerintah telah melakukan upaya mengenai problem ini. Alhamdulillah tahun 2020 gedung perpustakaan itu segera dibangun, tepat di depan, sebelah kiri kantor Bupati,” ungkap Johan Salim. 

Baca Juga:  18 Atlet Bombana Peraih Emas Porprov Kantongi Bonus Ratusan Juta Rupiah

Kata Johan, total anggaran yang disiapkan untuk pembangunan gedung perpustakaan itu mencapai Rp10 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020,

“Yang pasti tahun 2020 pembangunannya sudah mulai,” imbuhnya.

Di tempat sama, Kepala Pusat Penyajian Pustaka RI, Upriadi berharap, Pemkab Bombana serius dalam menyikapi soal menurunnya budaya baca masyarakat.

Baca Juga:  DKP Sultra dan DPRD Bombana Sepakat Usir Nelayan Ilegal

Untuk itu, ia menyarankan, selain membangun gedung mewah, Pemkab juga harus menyediakan prodak bacaan yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat Bombana.

“Menarik minat masyarakat tidak hanya siapkan tempat dan bahan bacaan seadanya, tetapi juga harus  melihat kebutuhan pembaca. Buku apasih yang cocok di Bombana, sehingga masyarakat atau anak-anak minat untuk baca,” tuturnya.

Penulis: Zulkarnaim
Editor: Faisal

NEWS FEED