oleh

Alami Gangguan, Wings Air Tujuan Makassar-Kolaka Balik Mendarat di Hasanuddin

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Setelah 25 menit take of dari Bandara Hasanuddin Makassar menuju Bandara Sangia Nibandera Kolaka, Pesawat Wings Air yang membawa 65 penumpang beserta dua pilot dan dua orang pramugari tiba-tiba memutar balik dan mendarat darurat kembali di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu 14 November 2018 pagi.

Seharusnya, penerbangan Wings Air IW-1206 ini tiba di Bandara Sangia Nibandera Kolaka pukul 8:45 Wita. Namun karena mengalami gangguan teknis di udara, pesawat tersebut terpaksa kembali mendarat darurat di Bandara Hasanuddin pukul 9:00 Wita.

Pemilik Facebook Hajum Rahma, salah seorang penumpang Wings Air yang ikut dalam penerbangan tersebut mengatakan, dalam kejadian itu terlihat para penumpang mengalami kepanikan di dalam pesawat.

“Sekitar 25 menit setelah take of dari Makassar dan pesawat sudah berada di atas perairan laut Teluk Bone, tiba-tiba pesawat manuver kanan dan kiri sambil turun naik di atas udara. Semua penumpang langsung terdiam, dan sinyal sabuk pengaman juga tidak pernah di matikan untuk melepas sabuk,” ungkap Hajum pada awak Penasultra.com melalui pesan Massengger pribadinya, Rabu 14 November 2018.

Ia mengaku, sejak awal dirinya sudah curiga dengan kondisi pesawat yang terbang dengan cara manuver kiri kanan sambil naik turun di atas udara. Atas kejadian itu, Hajum sempat memutuskan untuk merekam kondisi itu menggunakan handphone miliknya.

“Setelah pesawat mendarat kembali di Makassar kami langsung diarahkan ambil tiket untuk terbang kembali dengan pesawat lain yang juga masih pesawat Wings Air,” akunya.

Sebelumnya, para penumpang sempat tertahan satu jam lamanya di bandara sembari menunggu informasi dari pihak maskapai jika penerbangan akan dilanjutkan kembali menuju ke Bandara Sangia Nibandera Kolaka.

“Sebagian penumpang Wings Air ada yang tidak mau lagi melanjutkan terbang. Mereka memilih naik kapal feri dari Bajoe (Sulsel) menuju Kolaka (Sultra) karena mereka trauma akibat kejadian di udara,” tuturnya.

Pelaksana Harian Kepala Bandara Sangia Nibandera (Saniban) Kolaka, Muis Maulana yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Iya benar. Kalau nda salah sekitar 15 menit dia terbang kemudian putar balik ke Makassar. Seharusnya kan mendarat 08.45, tapi lewat jam sembilan belum juga mendarat. Akhirnya ada informasi bahwa, ada kendala teknis di udara,” kata Muis saat dihubungi melalui ponselnya.

Meski ada kejadian tersebut, Muis menambahkan, jadwal penerbangan Kolaka-Makassar tetap normal dengan tiga flight.(a)

Penulis: Miswan Okyl
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED