oleh

Antisipasi Bencana, BI Bersama Basarnas Kendari Adakan Simulasi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka meningkatkan keamanan dan mengantisipasi terjadinya bencana, Bank Indonesia (BI) bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari menyelenggarakan simulasi bencana alam di area Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat 19 Oktober 2018.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengantisipasi jika terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami. Apalagi, di pulai Sulawesi sudah menjadi langganan gempa.

“Kami hanya mengantisipasi jika terjadi bencana. Kami tidak mengharapkan kejadian seperti itu. Tapi kita manusia tidak tahu kapan akan terjadi bencana tersebut. Olehnya itu kami melakukan simulasi ini,” katanya, Jumat 19 Oktober 2018.

Baca Juga:  BI Sosialisasikan Fintech di Kalangan Milenial Kota Kendari

Menurutnya, dalam simulasi tim Basarnas Kendari memberikan tehnik-tehnik mencari tempat perlindungan.

“Secara umum simulasi ini berjalan dengan baik. Sehingga kami akan melakukan evaluasi. Tadi sudah diberikan tehnik yang oleh tim Basarnas kepada teman-teman BI yakni bagaimana saat berada di ruangan kerja, mencari tempat perlindungan, bagaimana mencari jalur keluar, kemudian yang berada di luar ruangan apa-apa yang harus dihindari, terus yang berada di atas kendaraan apa-apa yang harus dihindari,” ungkapnya.

Baca Juga:  Puluhan Personil SAR Kendari Dilatih Antisipasi Jumlah Korban Bencana

Sementara itu, Instruktur SAR Kendari, A.M Akbar mengatakan, pada simulasi ini kita juga mengadakan simulasi evakuasi korban dengan memberikan cara penanganan medis dengan tehnik dasar.

“Agar sebelum tim ahli tiba korban telah mendapat penanganan medis secara mandiri,” ucapnya.

Untuk diketahu, kegiatan simulasi ini diikuti oleh semua karyawan BI Provinsi Sultra.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED