oleh

Balitbang Baubau dan LP2M Unhas Gelar Seminar Pelayanan Publik

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Baubau bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melakukan seminar kajian kualitas pelayanan publik.

Dalam seminar tersebut dipaparkan tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, perhubungan, administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan di Kota Baubau.

Selain itu juga seminar tersebut dirumuskan referensi dalam menetapkan kebijakan terkait peningkatan kualitas pelayanan melalui capaian indikator makro rencana pembangunan jangka panjang menengah daerah (RPJMD) Kota Baubau.

Kepala Balitbang Kota Baubau Mustafa Zain mengungkapkan adapun maksud dan tujuan dari menguji kajian pelayanan publik sebagai pedoman serta mengevaluasi capaian kinerja, mengukur kualitas, memetakan kualitas dan kelemahan setiap unit pelayanan.

Kemudian lanjutnya, tersedianya data penilaian terhadap kualitas pelayanan publik bidang pendidikan, kesehatan, perhubungan pelayanan perizinan dan administrasi kependudukan. Sebagai bahan acuan dasar dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan publik pada pemerintah kota Baubau.

“Hal itu mengacu pada Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat,” katanya belum lama ini.

Foto bersama usai seminar. FOTO: Jelita Sri Rahayu

Ia menjelaskan, ada lima hal kebijakan yang menjadi perhatian kedepannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik diantaranya kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kepastian biaya, kewajaran biaya, penahanan pengaduan, saran dan masukan.

“Kelima bidang publik itu sebaiknya dijadikan kajian penelitian secara berkala. Sehingga memberikan dampak kepuasan masyarakat dan memberikan inovasi pada masing-masing unit satuan kerja penyedia layanan publik untuk meningkatkan pelayanannya,” tutupnya.(b)

Penulis: Jelita Sri Rahayu
Editor: La Basisa

Komentar

NEWS FEED