oleh

Bersama KNPI Konsel, Yusran Silondae Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusran Silonda bersama Komitte Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Konawe Selatan (Konsel) sosialisasi empat pilar kebangsaan baru-baru ini.

Yusran Silondae mengatakan, nilai-nilai Pancasila dan makna konstitusi yang terkandung dalam UUD 1945 dan bNKRI, serta somboyang Bhinneka Tunggal Ika sangat fundamental. Sehingga hal itu wajib ditanamkan kepada generasi muda untuk dipahami dan ditarafkan dalam kehidupan sehari-hari.

“KNPI merupakan komunitas generasi muda intelektual yang kelak akan menerima estafet kepemimpinan nasional juga daerah. Olehnya generasi muda yang intelek perlu memahami empat pilar kebangsaan,” kata Yusran melalui rilis persnya, Rabu 10 April 2019.

Baca Juga:  Dinamika Kongres XV KNPI Diharap Segera Berakhir

Menurut Mantan Wakil Gubernur Sultra ini, generasi muda harus memaknai semangat juang dan rela berkorban yang dilakukan oleh para pendiri RI serta semua pahlawan untuk merebut kemerdekaan dari gemgaman penjajah.

Akan tetapi, semangat juang itu harus disesuaikan dengan zaman dan tatantangan yang dihadapi. Saat ini adalah era globalisasi yang penuh dengan persaingan baik dibidang ekonomi maupun teknologi.

Baca Juga:  Baubau 'Diserang' Penyakit Difteri, KNPI Bilang Begini

“Jadi generasi muda harus mampu bersaing meraih ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Selain itu, harus diperkuat rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia melalui penerafan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Nilai-nilai yang terdapat dalan empat pilar kebangsaan, kata Yusran, adalah menumbuhkan semangat juang untuk mencapai cita-cita proklamasi Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

“Yakni terwujudnya Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Sal

NEWS FEED