oleh

Bupati Buton Buka Pelatihan MTU BLK Kendari Sekaligus Resmikan BLK UPTD Buton

PENASULTRA.COM, BUTON – Bupati Buton, La Bakry, membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Institusional atau disebut juga Mobile Training Unit (MTU) Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari yang diselenggarakan di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, sekaligus meresmikan BLK Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kabupaten Buton, Senin, 8 Maret 2021.

Pembukaan pelatihan dan peresmian BLK UPTD Kabupaten Buton itu turut dihadiri oleh Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu, Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buton Simiati, Staf Khusus Bupati Buton, Lilys Zuhari, para Kepala OPD Kabupaten Buton, Tim BLK Kendari dan tamu undangan lainnya bertempat di BLK UPTD Kabupaten Buton, Pasarwajo.

Bupati Buton, La Bakry pada kesempatan itu mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas beroperasinya gedung BLK UPTD Kabupaten Buton, karena dapat menjadi sarana peningkatan keterampilan kompetensi masyarakat Buton.

“Alhamdulillah gedung ini akhirnya bisa difungsikan dan semoga bisa menciptakan tenaga kerja terampil yang handal,” terangnya.

Ke depan sambungnya, Buton harus lebih mandiri dalam ketersediaan tenaga kerja apa saja, agar tidak ketergantungan dengan daerah lain dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja sesuai pasar kerja yang ada di wilayah ini.

“Angkatan kerja kita harus siap. Apalagi dalam waktu dekat akan banyak kebutuhan lapangan kerja, seperti kebutuhan operator alat berat, atau kebutuhan karyawan di pabrik aspal yang akan segera beroperasi di sini,” jelasya.

Atas hal itu, orang nomor satu di Buton ini berharap, agar masyarakat Buton dapat memanfaatkan dengan baik keberadaan BLK UPTD Kabupaten Buton dan juga memanfaatkan dengan baik Pelatihan MTU BLK Kendari yang saat ini diselenggarakan di Kabupaten Buton.

“Dua paket pelatihan yang diselenggarakan itu adalah perbengkelan atau servis sepeda motor dan menjahit. Dua jurusan ini merupakan hal yang dibutuhkan masyarakat dan kami berharap bisa mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan kerja sendiri berdasarkan keterampilan yang didapat,” katanya.

Sementara Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu memberikan apresiasi kepada Pemkab Buton yang telah mendukung pembangunan ketenagakerjaan dengan membangun BLK UPTD di Kabupaten Buton. Dengan diresmikannya BLK UPTD ini, Buton menjadi daerah keempat di Sultra yang memiliki lembaga pelatihan kerja.

“Saya kira ini menjadi bukti nyata perhatian Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Buton dalam upaya meningkatkan skill dan membangun kualitas angkatan kerja untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Buton ini,” katanya saat menyampaikan sambutan pada Peresmian UPTD BLK Kabupaten Buton.

Peresmian BLK ini sambungnya, merupakan tindaklanjut arahan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziayah saat Bupati Buton beraudiensi dan bersilaturahim Menteri Ketenagakerjaan RI di Jakarta tahun 2020 yang lalu.

La Ode Haji Polondu berharap agar dukungan Pemkab Buton dalam pembangunan ketenagakerjaan khususnya pelatihan kerja, tidak hanya sampai pada hadirnya lembaga pelatihan BLK UPTD, tetapi tetap memberdayakan dan memanfaatkan alumni Pelatihan BLK agar ketrampilan mereka bisa semakin tumbuh berkembang yang nantinya para Alumni kita dapat diterima untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri atau mereka bisa berwirausaha secara mandiri.

“Ketika selesai dari sini, mereka bisa diberdayakan, misalnya pakaian dinas pegawai atau pakaian anak sekolah bisa dijahit oleh Alumni Pelatihan BLK Buton,” tutupnya.

Sumber: Humas BLK Kendari
Editor: Husain

Komentar

NEWS FEED