oleh

Bupati Kolut Minta Peningkatan Status Jalan, Teguh Bilang Begini

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Nur Rahman Umar meminta kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Teguh Setyabudi agar status salah satu jalan poros by pass di Kolut diubah dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional.

“Saya minta bantu agar status jalan poros by pass berubah jadi jalan nasional. Jaraknya kurang lebih 22 kilometer,” kata Nur Rahman di kediamannya saat bertatap muka dengan Pj Gubernur Sultra saat kunker di Kolut, Minggu 24 Juni 2018 malam.

Baca Juga:  Rencana Mutasi Pejabat Pemprov Sultra Kandas

Dikatakannya, alasan pengusulan pergantian status jalan itu, karena sebenarnya jalan by pass tersebut sudah berfungsi sebagai jalan nasional.

“Karena jalan nasionalnya pendakian dan berliku, orang-orang lebih memilih lewat by pass sebab jalannya lurus, dekat serta mulus. Alasan kedua, karena jalur itu lintas provinsi maka kami punya keterbatasan biaya. Makanya kami usulkan,” tambahnya.

Selain itu, ia juga meminta agar disetiap jalan poros by pass dibantu pendanaan pembuatan tanggul pemecah ombak, agar ombak tidak langsung menghantam atau merusak jalan.

Baca Juga:  Mutanafas Tantang Pj Gubernur Sultra Cabut 13 IUP Bermasalah di Konut

“Ibarat petani kami sudah kecapean minta di infus. Siapa tahu pak Pj bisa bantu baik secara pribadi maupun kedinasan. Dan rencana tanggul itu pemecah ombak sepanjang 9 kilometer,” bebernya.

Mendengar hal itu, Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi berjanji akan membantu permintaan tersebut dengan mengkomunikasikan dengan ke Kementrian PUPR.

“Bisa bersama-sama bupati ke Kementrian PUPR untuk komunikasi langsung,” tutup Teguh.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: La Basisa

Komentar

NEWS FEED