oleh

Bupati Konut Panen Nilam Perdana Kelompok Tani Masempo Dale

-Pena Daerah-240 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin mengikuti panen tanaman nilam perdana milik kelompok tani Masempo Dale di Desa Banggarema, Kecamatan Andowia.

Dalam sambutannya, Ruksamin mengatakan orang yang dipadati dengan kegiatan dan lainnya cocok untuk menanam nilam.

“Saya sangat tahu hitungan-hitungan hasil nilam ini makanya saya tanam. Jadi orang yang sibuk itu bagus tanam nilam seperti ASN atau punya pekerjaan lainnya.

Itung-itungan seperti Nilam ini setengah hektar saja sekali kita panen minimal kita bisa dapatkan 20 juta sekali panen dalam tiga bulan.

“Lebih tinggi seoarang gaji petani yang punya setengah hektar tanaman nilam daripada gaji seorang bupati. Tiap 3 bulan kita panen, apalagi tanaman ini tidak butuh perlakuan khusus, “imbuhnya.

Lanjutnya, Ruksamin akan mengkoordinasikan dengan kepala desanya, karena untuk pengembangannya dibutuhkan tangki penyulingan satu dengan dikembangkan dari Bumdes Desa.

“Kalau sudah sampai 20 hektar pengembangannya membutuhkan tanki penyulingan yang bisa dikembangkan melalui dari situ. Artinya panen dulu saya mau lihat kapasitas produksi berapa jika itu berhasil kedepan insya Allah saya akan siapkan bibitnya termaksud pupuk melalui pemerintah daerah (Pemda) Konut dengan mengajukan proposal bantuan,” katanya.

Menerutnya, tanaman nilam ini adalah salah satu tanaman yang perlu dikembangkan agar dapat meringankan beban para petani.

“Mudah-mudahan dinas terkait khususnya pertanian, perkebunan dan ketahanan pangan bisa bersinergi untuk kita lakukan dan dengan didorong terus masyarakat kita dalam kemajuan sektor pertanian dan perkebunan di Konut,” harapnya.

Kelompok tani Masempo Dale Juhardi menuturkan lahan yang akan siap panen saat ini sebanyak 20 hektar.

“Salah satu program unggulan kami salah satunya budidaya tanaman Nilam akan tetapi saat ini masih sangat terbatas secara teknis maupun peralatan yang kami miliki. Besar harapan kami dapat diberikan fasilitas ataupun alat yang memadai agar kami bisa meningkatkan kualitas pertanian kami, “tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Konut, Kadis Perkebunan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Keminfo.

Penulis: Zakki

Komentar

NEWS FEED